Home / Berita / Pertamina Berpeluang Terima PMN Guna Perkecil CAD

Pertamina Berpeluang Terima PMN Guna Perkecil CAD

Pemerintah akan memberikan penyertaan modal negara (PMN) kepada perusahaan-perusahaan BUMN. Salah satunya adalah penyertaan modal terhadap salah satu BUMN sebesar Rp 1 triliun guna memperkecil defisit neraca transaksi berjalan (TB) atau current account deficit (CAD).

Memang hingga saat ini pemerintah mengaku masih belum memilih satu BUMN yang akan diberikan penyertaan modal tersebut. Namun, banyak yang menerka bahwa Pertamina yang nantinya akan menjadi BUMN penerima PMN sebesar Rp 1 triliun tersebut.

“Salah satu penyeimbang CAD adalah minyak dan gas (migas), jadi kita sedang mencari jalan untuk menurunkan impor minyak. Itu kemudian menjadi salah satu alasan Pertamina bisa jadi pertimbangan untuk mendapatkan PMN,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Isa Rachmatarwata, Rabu (18/9).

Isa lalu menambahkan bahwa pemerintah masih tetap melakukan kajian tentang ini, sehingga belum bisa mengambil keputusan.

Sebagai tambahan informasi, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, Pemerintah akan mengucurkan PMN kepada BUMN sebesar Rp 17,7 triliun, antara lain ke PT Geo Dipa Energi (Persero), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), PT Hutama Karya (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Nasional (Persero).

Ada juga PMN yang akan diberikan kepada lembaga atau badan di luar BUMN dengan total Rp 5 triliun. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) didapuk sebagai satu-satunya lembaga di luar BUMN yang menerima PMN. Diharapkan LEPI mampu untuk menggenjot kinerja ekspor Indonesia

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Dirut Edy Setijono Memberi Arahan kepada 22 Mitra Usaha PKBL TWC

Direkrut Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memberi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *