Home / Berita / Pertamina EP Rantau Field Maju Bersama Masyarakat

Pertamina EP Rantau Field Maju Bersama Masyarakat

PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field mendukung kegiatan Pokdakan Tanah Berongga dalam pelaksanaan kegiatan Festival Kampung Lele, ini merupakan Event Tahun ke 2 yang dilakukan oleh Pokdakan Tanah Berongga sejak tahun 2017. Bupati Aceh Tamiang, H Mursil, SH, M.Kn membuka Festival Perikanan Kampung Lele II yang digelar oleh Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Tanah Berongga di Dusun Makmur, Desa Perkebunan Tanjung Seumantoh,­ Kecamatan Karang Baru, Senin (29/10).

Festival tersebut diselenggarakan dengan banyak jenis perlombaan diantaranya seperti kontes memancing, memasak menu ikan lele, mewarnai oleh anak-anak SD dan kelompok pendengar, pembaca, dan pemirsa, (Ke­lopencapir). Acara diselenggarakan oleh DPKP Aceh Tamiang bekerjasama dengan Pokdakan Tanah Berongga binaan PT Pertamina EP (PEP) Asset 1 Rantau Field.
“Festival Pokdakan ini diharapkan tidak hanya memberikan kemeriahan dan hiburan semata, tapi yang terpenting dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat,” terang Bupati Aceh Tamiang Mursil di lokasi Festival Kampung Lele.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap budidaya ikan bekulit licin tersebut. Bahkan festival lele akan dijadikan agenda tahunan Pemkab Aceh Tamiang.
Festival Kampung lele sangatlah mendukung upaya menciptakan Program One Village One Product yang diusung oleh PT Pertamina EP (PEP) Rantau Field dalam kebijakan CSR nya, yang juga merupakan suatu bentuk dukungan Pertamina EP dalam mendukung program Pemerintah untuk memandirikan masyarakat melalui kegiatan kewirausahaan di masing-masing Desa Binaan PEP Rantau Field, salah satunya Desa Kebun Tanjung Seumantoh, Kec. Karang Baru, Kab. Aceh Tamiang, yaitu tepatnya di Tanah Berongga sebagai centra budidaya ikan lele.

Melalui Festival Lele ini, PEP juga dapat melihat upaya kemandirian serta kepercayaan diri masyarakat binaan CSR PEP Rantau Field, “Dengan diadakannya festival ini, kami dapat melihat upaya-upaya kemandirian dan kepercayaan diri dari masyarakat binaan CSR kami, karena kemandirian dan kepercayaan diri dalam berbudidaya suatu usaha akan menjadi salah satu landasan penting untuk kemajuan dan keberlanjutan usaha masyarakat” ujar Fandi Prabudi, Legal and Relation Assistant Manager PEP Rantau Field.

Kedepannya, event tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah motivasi dan daya tarik bagi masyarakat luas untuk berbudidaya lele dan pengolahan makanan berbahan baku lele, sebagai salah satu usaha untuk kemandirian.

PEP Rantau Field mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda Aceh Tamiang dan dinas terkait, KTNA Aceh Tamiang dan semua Pihak yang terlibat, atas suksesnya event dimaksud dan kemajuan pokdakan Tanah Berongga dalam berbudidaya lele.

Sumber PERTAMINA

Check Also

Pindad Berikan Apresiasi Sebesar Rp 1,25 Miliar Kepada Seluruh Kontingen Petembak TNI AD

Pindad memberikan apresiasi sebesar 1,25 Miliar Rupiah kepada seluruh kontingen petembak TNI AD atas prestasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *