Home / Berita / Pertamina Hulu Energi Telah Habiskan Dana Sekitar Rp 140 Miliar untuk Penanganan Kebocoran Gas dan Minyak dari sumur YYA-1,

Pertamina Hulu Energi Telah Habiskan Dana Sekitar Rp 140 Miliar untuk Penanganan Kebocoran Gas dan Minyak dari sumur YYA-1,

Pertamina Hulu Energi (PHE) menghabiskan dana hingga USD 10 juta atau sekitar Rp 140 miliar untuk melakukan penutupan sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ). Penutupan harus dilakukan agar kebocoran gas dan minyak dapat dihentikan.

Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan H Samsu mengatakan, untuk mengatasi kebocoran gas dan Minyak dari sumur YYA-1, tim PHE melakukan sumur sumbatan (Relief Well) yang jaraknya 1,2 Km. Biaya yang dikeluarkan dalam proses tersebut ditafsir mencapai USD 10 juta.

‎”Terkait biaya relief well itu sekitar USD 7,5 sampai USD 10 juta‎,” kata Dharmawan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (23/9).

‎Selain mengeluarkan biaya untuk membuat sumur sumbatan, anak usaha Pertamina tersebut juga mengeluarkan biaya lain untuk penanganan tumpahan minyak dan kompensasi yang diberikan ke masyarakat terdampak.

“Biaya yang dilkukan dalam penanggulangan ini, mulai dari peralatan 8.000 spill boom, pemasangan waring, pemasangan jaring di darat, kemudian biaya apresiasi kerja, ada biaya untuk logistik, kemudian tim membutuhkan deployment dari kapal, biaya relief well,” paparnya.

Dhamawan belum bisa menyebutkan total biaya yang dibutuhkan untuk mendanai kegiatan tersebut, sebab masih menunggu perhitungan pasti. Biaya yang dikeluarkan berasal dari kas internal PHE.

“Jadi biaya biaya ini kami hitung, biaya ini yang dibutuhkan untuk menahan akibat tumpahan minyak. Kami pastikan biaya ini full audited,” tandasnya.

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

Dirut Edy Setijono Memberi Arahan kepada 22 Mitra Usaha PKBL TWC

Direkrut Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memberi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *