Home / Berita / Pertamina Lakukan Sosialisasi Status Kepemilikan dan Pengelolaan Aset Jalan Pertamina di Kabupaten Barito Timur

Pertamina Lakukan Sosialisasi Status Kepemilikan dan Pengelolaan Aset Jalan Pertamina di Kabupaten Barito Timur

Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur beserta jajarannya melaksanakan Sosialisasi mengenai aset jalan milik Pertamina sepanjang 60 km dari Desa Bentot Kecamatan Petangkep Tutui sampai dengan Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat, termasuk Landing Site yang terletak di Sungai Patai Telang Baru, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Jalan tersebut sangat strategis keberadaannya, dimana saat ini digunakan sebagai akses perusahaan batubara, kelapa sawit, dan konstruksi dalam memobilisasi produk dan peralatan kerjanya.

Sosialialisasi yang diadakan di Kantor Bupati Barito Timur ini dihadiri Vice President Asset Planning & Development Pertamina Hermawan, Direktur Pengembangan Usaha PT Patra Jasa Teddy Gusti, Bupati Barito Timur Ampera A. Y. Mebas, Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, jajaran muspida, 10 kepala desa, perwakilan masyarakat, dan perusahaan-perusahaan pengguna jalan tersebut, pada Kamis (23/5/2019).

Hal yang melatarbelakangi sosialisasi tersebut adalah masih adanya sebagian masyarakat yang masih menyangsikan kepemilikan Pertamina atas aset jalan dan landing tersebut. Serta adanya pihak-pihak yang memanfaatkan jalan tanpa ijin dari Pertamina.

Dalam kesempatan itu, Vice Asset Planning & Development Pertamina Hermawan menyampaikan riwayat perolehan aset yang awalnya dilakukan pengadaan lahan  di tahun 1967-1972 sebagai jalur mobilisasi untuk mendukung eksplorasi minyak di daerah Tanjung.

Selain itu, Hermawan juga menjelaskan rencana tindak lanjut pengelolaan jalan tersebut. Mulai dari penertiban dan penguasaan aset, upaya memberikan kenyamanan pengguna jalan dengan meningkatkan aspek security dan safety, perbaikan sistem drainase agar memungkinkan dilalui sepanjang musim, meningkatkan perkerasan jalan sehingga dapat dilalui sepanjang waktu, serta pengamanan kegiatan pengelolaan jalan dengan melibatkan unsur aparat penegak hukum.

Salah satu perwakilan desa yang hadir, Kelapa Desa Karang Langit Juliono menyatakan dukungannya dengan rencana yang akan dilakukan Pertamina terkait pengelolaan jalan tersebut.

“Saya mewakili masyarakat Karang Langit sangat mendukung pengelolaan aset Pertamina yang akan dilakukan oleh Patra Jasa selaku anak Perusahaan Pertamina. Harapan saya, semoga Pertamina dapat memperhatikan kesejahteraan masyarakat kami juga, misalnya dengan membina dan memberdayakan masyarakat,” tukasnya.

Di akhir acara Bupati menyampaikan hasil kesimpulan sosialisasi bahwa semua pihak yang hadir mengakui kepemilikan Pertamina atas aset jalan di Kabupaten Barito Timur dan  mendukung upaya Pertamina dalam mengelola aset yang memberikan manfaat bagi Pertamina sebagai BUMN, pemerintah daerah, perusahaan pengguna jalan, dan masyarakat

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Jalan Tol Manado-Bitung Ditargetkan Siap Beroperasi Penuh Pertengahan Tahun Depan

Pekerjaan fisik (konstruksi) seluruh seksi pada Jalan Tol Manado-Bitung sampai akhir Juni 2019 telah mencapai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *