Home / Berita / Pertamina Sepakat Memperkuat Sinergi Bisnis dengan Tujuh BUMN

Pertamina Sepakat Memperkuat Sinergi Bisnis dengan Tujuh BUMN

PT Pertamina (Persero) sepakat memperkuat sinergi bisnis dengan tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman, di Gedung Kementerian BUMN Lantai 21, Kamis (14/3/2019).

Tujuh BUMN tersebut adalah PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Inalum (Persero), PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Group. Dalam kesempatan ini terdapat tiga penandatanganan kerja sama yang disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang pertama antara PT Pertamina (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) mengenai Penyediaan dan Penjualan Bahan Bakar Penerbangan dan Bahan Bakar Umum di bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang kedua dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Group mengenai Restrukturisasi Hutang Piutang, ekslusivitas suplai dan kerjasama bisnis lainnya yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Group I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Penandatanganan ketiga adalah Penandatanganan Perjanjian Induk Antara PT Pertamina (Persero), PT Inalum (Persero), PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk mengenai Kerjasama Strategis Tentang Acuan Harga Bahan Bakar Minyak.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkakan rasa bangganya dengan sinergi BUMN ini. Semakin banyak BUMN yang saling bersinergi, maka keuntungan yang diperoleh akan kembali ke rakyat Indonesia.

“Alhamdulillah semakin banyak terjadi. Hari ini Pertamina yang melakukan sinergi ke Angkasa Pura I, II, Inalum, Bukit Asam, Garuda, Antam dan Timah. Ini merupakan satu langkah sangat penting dalam memberikan yang terbaik untuk bangsa. Kita bisa mengefisienkan operasional kita, sehingga memberikan keuntungan bagi BUMN yang pada akhirnya memberikan kemakmuran bagi rakyat Indonesia,” ujarnya.

Ia berpesan usai penandatanganan ini, komunikasi antar BUMN agar dijalin lebih erat. Sehingga tujuan BUMN Hadir Untuk Negeri dapat terwujud.

“Semoga tujuan kita bersama sehingga dapat memakmurkan Indonesia dapat terwujud,” harapnya.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menambahkan penandatanganan ini merupakan kerja sama strategis antar BUMN yang sifatnya jangka panjang. Sehingga Pertamina memiliki benefit mempunyai partner dalam jangka panjang.

“Ini merupakan kerja sama penyediaan BBM untuk BUMN Kerja sama strategis ini sifatnya¬†win-win solution. Benefitnya, kita punya partner bisnis jangka panjang,” tutupnya.

Sumber PERTAMINA, edit koranbumn

 

Check Also

Komitmen Garuda Indonesia Berdayakan SDM Berkebutuhan Khusus

Garuda Indonesia merencanakan penjajakan kerja sama pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) berkebutuhan khusus, yang nantinya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *