Home / Berita / PGN Minati Lelang 63 Wilayah Jaringan Distribusi Gas

PGN Minati Lelang 63 Wilayah Jaringan Distribusi Gas

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) akan ikut lelang 63 Wilayah Jaringan Distribusi (WJD) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengatakan akan mengajukan penawaran lelang 63 WJD. Sayangnya, dia tidak menyebutkan di mana saja lokasi yang dipilihnya.

“Seluruh Indonesia, 63 kabupaten/kota,” sebut Danny di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (19/8/2019).

Banyaknya wilayah jaringan distribusi yang diminati PGN disesuaikan dengan infrastruktur yang dimiliki subholding migas nasional ini. Sebut saja jaringan gas kota ataupun jaringan gas rumah tangga.

“WJD itu infrastruktur niaganya komunitas, cuma nanti terhubung dengan jaringan gas. Kalau kami kan sudah ada jargas, kan kami udah eksis [63 wilayah] di sana,” tambahnya.

Hanya saja, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan lelang WJD baru dapat dilaksanakan setelah revisi Rencana Induk Jaringan Gas Bumi Nasional (RIJGBN) selesai. Namun, hingga kini, Kementerian ESDM belum juga merevisi RIJGBN.

Mengacu ke Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 4 Tahun 2018 tentang  Pengusahaan Gas Bumi pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi, syarat lelang WJD adalah adanya studi kelayakan (Feasibility Study/FS) dan desain rinci (Front End Engineering Design/FEED) pengembangan WJD dari badan usaha.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

LMAN Bayar Dana Pembebasan Lahan Tol Semarang – Demak Sebesar Rp66 Miliar

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melakukan pembayaran sebesar Rp66 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *