Home / Kinerja & Investasi / PHE Tuban East Java Menggelar Kick Off Meeting Akuisisi Seismik Darat 3D Tuban

PHE Tuban East Java Menggelar Kick Off Meeting Akuisisi Seismik Darat 3D Tuban

Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) menggelar acara Workshop dan Kick Off Meeting Akuisisi Seismik Darat 3D Tuban selama dua hari di Hotel Ciputra, Surabaya. Pada Senin, 24 Juni 2019 kegiatan workshop diadakan dalam rangka persiapan kegiatan operasi seismik serta rapat koordinasi bersama pihak PT Elnusa Tbk dan mitra kerjanya. Kegiatan di hari kedua dianjutkan dengan acara Kick Off Meeting dan penandatanganan HSE Commitment.

Selain diikuti oleh para pekerja dari PHE TEJ dan Elnusa, demi mempersiapkan kelancaran operasi, acara tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan SKK Migas, PT Dahana (Persero), Kementerian Pertahanan, Pertamina UTC, serta jajaran manajemen PHE Eksplorasi dan Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero).

Di hadapan para peserta Workshop dan Kick Off, Direktur Utama PT Elnusa Tbk Elizar P Hasibuan berharap Elnusa dapat menjawab tantangan proyek ini dengan baik. “Semoga kami dapat memberikan kualitas data yang baik dan safety yang tinggi,” ujarnya.

Sementara Direktur Eksplorasi PHE, Abdul Mutalib Masdar kembali menegaskan tentang safety sebagai prioritas utama terhadap HSSE dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. “Kita tidak ada kompromi masalah HSSE dan menjadi first priority kita bersama. Semua orang harus menjadi HSSE Ambassador,” tegasnya.  Selain itu, ia  mengungkapkan perhatian terhadap isu sosial dan kualitas data yang dihasilkan.

Operasi seismik darat memang memiliki tantangan yang cukup tinggi, di antaranya adalah permukaan batuan yang keras untuk di bor dan daerah operasi yang melewati pemukiman padat penduduk. Strategi-strategi terkait operasi dijabarkan dan dibahas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah penggunaan teknologi vibroseis sebagai sumber getar.

Menanggapi tantangan-tantangan tersebut, SVP Eksplorasi Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero) Ricardo Perdana Yudantoro mengajak seluruh pihak yang terlibat dapat memanfaatkan survei ini untuk meningkatkan kemampuan  masing-masing di bidangnya.

Pada kesempatan yang sama, SKK Migas yang diwakili oleh Cepi Irawan menjelaskan pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan seismik 3D yang akan dilakukan. “SKK Migas selalu support terhadap kegiatan eksplorasi dari K3S. Dan semoga setelah kegiatan seismik ini PHE TEJ mendapatkan prospek-prospek baru,”tukas Cepi.

Meskipun dengan menggunakan skema gross split, akuisisi 3D seismik ini merupakan bentuk konkret dari PHE TEJ dalam melakukan aggressive exploration demi pemenuhan kebutuhan energy nasional.

Acara ditutup dengan penandatanganan HSE Commitment oleh General Manager PHE TEJ, Darwin Tangkalalo dan General Manager Geoscience Reservoir Services Elnusa, Yendri.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *