Home / Berita / PII Telah Memberikan Penjaminan pada 16 Proyek Infrastruktur

PII Telah Memberikan Penjaminan pada 16 Proyek Infrastruktur

Sampai dengan saat ini, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia ( PII ) telah memberikan Penjaminan pada 16 Proyek Infrastruktur Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), 10 diantaranya ialah proyek Jalan Tol. Yakni, Jalan Tol Pandaan – Malang, Semarang – Batang, Manado – Bitung, Balikpapan – Samarinda, Jakarta – Cikampek II Elevated, Cileunyi – Sumedang – Dawuan, Krian – Legundi – Bunder – Manyar, Serang – Panimbang, Jakarta – Cikampek II Sisi Selatan, Probolinggo – Banyuwangi. Totalnya ialah jalan tol sepanjang 705,48 kilometer. Jalan tol memang primadona dalam skema KPBU.

Lain sisi, meningkatnya jaringan tol menjadi salah satu kunci membangun konektivitas nasional. Tujuannya, memudahkan kegiatan orang dan barang antar wilayah untuk meluncurkan kegiatan dan pemerataan ekonomi sehingga meningkatkan efisiensi dan kelancaran arus barang dan jasa antar wilayah di Indonesia.

Harapannya, harga barang di seluruh wilayah Indonesia relatif sama, wilayah yang relatif tertinggal dapat meningkatkan peryumbuhannya sehingga kesenjangan dapat dikurangi. Dampak pembangunan infrastruktur ini, setidaknya ada 3 hal yang akan dicapai: biaya transportasi dan logistik lebih murah, pertukaran barang dan jasa lebih efisien, serta produk-produk nasional lebih bisa bersaing dengan asing. Kita berharap, dengan ketersediaan infrastruktur bisa memberikan dampak positif terutama menekan angka ketimpangan pendapatan.

Sumber In PII (Persero)

Check Also

Pesta Rakyat BRI Simpedes, Dorong Pertumbuhan UMKM

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor bisnis yang telah terbukti memiliki daya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *