Home / Anak Perusahaan / PINANG, Produk Digital Lending BRI Agro dan Produk Pinjaman Bank Berbasis Aplikasi Pertama di Indonesia

PINANG, Produk Digital Lending BRI Agro dan Produk Pinjaman Bank Berbasis Aplikasi Pertama di Indonesia

Sejak diperkenalkan di Hannover, Jerman pada 2011, revolusi Industri 4.0 telah merambah ke sejumlah negara di dunia dan membuat perubahan yang cukup signifikan dalam pola industri dan konsumsi masyarakat secara luas. Perubahan yang cepat ini dikenal dengan desruptive of industry yang juga ikut menyeret Indonesia dalam arus perubahan digitalisasi di berbagai aspek.

Perubahan ini dilatarbelakangi oleh lahirnya kecerdasan artificial (AI) dan koneksi yang secara komputatif dapat menghubungkan end to end user kepada industri, termasuk industri keuangan. Menyikapi hal ini, Bank BRI sebagai salah satu lembaga keuangan perbankan BUMN telah mengembangkan produk layanan dan jasa keuangan digital terbaru yang dikenal dengan Pinjam Tenang, Gampang, Senang (PINANG). Produk keuangan digital ini selanjutnya akan diperkenalkan secara luas oleh Perusahaan Anak Bank BRI, yakni BRI Agro. 

BRI Agro telah melakukan kegiatan launcing PINANG yang diselenggarakan di Kota Solo, yang dihadiri secara langsung oleh Direktur Teknologi dan Informasi Bank BRI Indra Utoyo dan Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto. Agus Noorsanto mengatakan bahwa PINANG adalah produk digital lending BRI Agro dan sekaligus menjadi produk pinjaman bank berbasis aplikasi pertama di Indonesia. Aplikasi PINANG sudah Fully Digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature.

Dengan mengkombinasikan teknologi digital, PINANG mempercepat proses pengajuan sampai dengan pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1 sampai 12 bulan. Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka secara langsung. Plafon pinjamanpun dapat di top-up hingga maksimum Rp.20 juta dan memiliki bunga yang terendah dibandingkan dengan layanan keuangan digital serupa.

“Kami memberikan layanan, jasa, dan bunga yang kompetitif bagi masyarakat yang hendak melakukan peminjaman melalui PINANG. Melalui proses yang cepat, murah, dan aman, serta plafon yang bersaing, kami yakin PINANG akan memberikan kemudahan ekstra kepada nasabah BRI Agro untuk melakukan pinjaman, “ ungkap Agus Noorsanto.

Pada tahap awal, BRI Agro akan bekerjasama dengan PT Sri Rejeki Isman (Sritex) dengan menargetkan 17.000 pekerja bisa melakukan pinjaman melalui PINANG. Kerjasama ini nantinya akan meningkatkan employee engagement di perusahaan-perusahaan nasabah BRI dan meningkatkan value bagi para pekerja melalui bunga yang kompetitif.

“PINANG akan menjadi produk digital lending yang andal dan kompeten bagi BRI Agro untuk dapat bersaing dan unggul dibanding produk digital lending serupa yang dikeluarkan oleh fintech terutama dari sisi kecepatan, keamanan data konsumen, keunggulan suku bunga yg lebih rendah, dan bebas dari biaya tambahan, terlebih industri keuangan perbankan merupakan industri yang sangat prudent. Saat ini masyarakat sudah dapat mengunduh PINANG di sistem operasi Android, Playstore,” tambah Indra Utoyo.

Sumber BRI, edit koranbumn

Check Also

PKBL DAHANA Meraih Penghargaan Sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang

PT DAHANA (Persero) meraih penghargaan sebagai Mitra Pembangunan Kabupaten Subang melalui Program Corporate Social Responsibility …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *