Home / Berita / PKBL ITDC Kembangkan Budidaya dan Pemasaran Jeruk Kintamani

PKBL ITDC Kembangkan Budidaya dan Pemasaran Jeruk Kintamani

Titik-titik embun belum terurai dari sela dedaunan, dan semburat sinar matahari baru mulai memancar di antara batang pohon jeruk di Desa Katung, tetapi para petani jeruk telah mulai beraktivitas, menyiram setiap buni buah jeruk dan merencanakan panen di tengah hawa sejuk Desa Katung. Desa Katung, di Kabupaten Bangli, Bali, yang terletak di ketinggian 500 mdpl ini, telah menjadi sentra jeruk Kintamani sejak beberapa tahun lalu.

Pada tahun 2017 kemarin, ITDC, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), memberikan bantuan pinjaman untuk kelompok petani jeruk dari Desa Katung ini, untuk pengembangan budidaya dan pemasaran jeruk Kintamani tersebut. PKBL ITDC ini memang ditargetkan kepada individu, maupun kelompok, yang kreatif dalam berinovasi mengembangkan produk khas daerahnya yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi bagi komunitas, maupun daerah tersebut.

Varietas jeruk Kintamani dari Desa Katung ini memiliki rasa manis dan berukuran besar-besar,lho. Selain dijual di wilayah Kintamani, melalui program kemitraan ITDC, varietas jeruk Kintamani ini juga dijual di Gianyar, Denpasar, dan Jakarta.

 

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Pemerintah dan Maskapai Cari Cara Sediakan Tiket Pesawat Murah Bisa Setiap Hari

Pemerintah tengah mencari cara untuk menyediakan tiket pesawat murah setiap hari untuk masyarakat. Saat ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *