Home / Berita / PLN Bangun 19 Stasiun Pengisian Daya Taksi Listrik (e-taxi)

PLN Bangun 19 Stasiun Pengisian Daya Taksi Listrik (e-taxi)

Perusahaan angkutan Blue Bird akan mengoperasikan 30 unit taksi listrik mulai Mei 2019. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menyuplai penuh pasokan listrik dengan membangun 19 stasiun pengisian daya taksi listrik atau e-taxi.

Sejak periode tahun 2017, PLN khususnya Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) telah aktif menginisiasi pembentukan new life style di kalangan masyarakat Jakarta. Ini salah satunya menjadi pioneer pengguna kendaraan listrik, melakukan konvoi kendaraan listrik yang mencetak Rekor MURI, kerja sama dengan brand kendaraan listrik ataupun kendaraan hybrid ternama, dan menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik melalui setiap kesempatan.

“Dimulai sejak 26 Oktober 2018 PLN Disjaya bersama Blue Bird setuju untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik di Indonesia melalui penandatanganan nota kesepahaman terkait penyediaan tenaga listrik untuk seluruh charging station milik Blue Bird. Sejak momen tersebut, kini akhirnya terwujud peluncuran E-Taxi Blue Bird dengan 19 unit charging station di kantor Blue Bird yang menggunakan listrik dari PLN,” Ujar Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS, Senin (22/4).

Blue Bird menjadi salah satu pelanggan prioritas PLN yang mendapatkan pasokan dari dua sumber listrik untuk e-taxi. Konsumsi listrik masing-masing charging station berada di kisaran 41.500 VA, atau setara 40.000 watt. Terkait dengan peluncuran e-taxi ini, Blue Bird telah memperbarui layanan kelistrikan dari PLN yang semula hanya menggunakan daya sebesar 414.000 VA menjadi 1.385.000 VA.

Selain keandalan pasokan listrik, PLN juga memberi beberapa kemudahan layanan bagi Blue Bird dalam mewujudkan pengoperasioan e-taxi. Kemudahan itu di antaranya diskon biaya penambahan daya sebesar 50 persen atau sekitar Rp 300 juta. PLN juga memberikan fasilitas angsuran pembayaran hingga 24 kali untuk proses penambahan daya tersebut.

Blue Bird akan mengoperasikan 30 unit taksi listrik pada Mei 2019. Ada dua jenis mobil yang akan digunakan, yaitu MPV BYD e6 A/T untuk taksi reguler Blue Bird dan Tesla model 75D A/T untuk taksi eksekutif Silverbird.

Sumber Republika, edit koranbumn

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *