Home / Berita / PLN Berencana Menyerap 3 Juta KL CPO untuk Bahan Bakar PLTD

PLN Berencana Menyerap 3 Juta KL CPO untuk Bahan Bakar PLTD

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana untuk menyerap 3 juta Kilo Liter (KL) produk minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil ( CPO).

Rencananya, CPO tersebut akan dipakai sebagai bahan baku Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PLN yang semula berbahan bakar Solar.

“PLN akan menggunakan kurang lebih 3 juta KL untuk kebutuhan mereka,” ucap Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), MP Tumanggor saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (2/5).

Namun demikian, menurut dia, saat ini pihaknya tengah membicarakan harga CPO yang akan dijual ke PLN. PLN ingin CPO lebih murah ketimbang Solar.

Tumanggor menjelaskan dalam surat yang diajukan ke PLN, pihaknya menawarkan harga CPO sebesar Mean of Platts Singapore (MOPS) dikurangi 2 persen.

“Sekarang lagi pembahasan harga. Kita meminta dalam surat kita adalah MOPS dikurangi 2 persen. Tapi PLN meminta MOPS dikurangi 16 persen,” paparnya.

Dia menegaskan ketika sudah ada kesepakatan harga, pihaknya siap langsung memasok kebutuhan CPO ke PLN. Menengok stok CPO saat ini sudah tersedia.

Namun, Tumanggor mengungkapkan, PLTD milik PLN baru siap untuk menyerap 600 ribu KL. Sebab untuk menggunakan CPO, PLTD itu harus memakai converter.

“Yang siap tahun ini 600 ribu KL, pembangkit yang bisa langsung isi CPO itu 600 ribu KL,” tegas Tumanggor

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Serah Terima Jabatan Pemangku Jabatan Puncak dan Penandatanganan Pakta Integritas Anti Korupsi

PT. Perkebunan Nusantara IX melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan Pemangku Jabatan Puncak dan Penandatanganan Pakta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *