Home / Berita / PLN Bikin Terang Halmahera Utara, Tuntas Listriki Pulau Tolonuo dan Dagasuli

PLN Bikin Terang Halmahera Utara, Tuntas Listriki Pulau Tolonuo dan Dagasuli

Ungkapan kegembiraan tersebut disampaikan salah satu Warga Desa Tolonuo, Halmahera Utara usai mengetahui bahwa listrik dari PLN berhasil masuk desa mereka. Desa Tolonuo yang terletak di Pulau Tolonuo adalah salah satu desa yang listriknya resmi dinyalakan pada Senin (24/6).  Selain Desa Tolonuo, PLN juga berhasil mengalirkan listrik untuk Desa Tolonuo Selatan, Desa Dagasuli, Desa Dedeta, Desa Pitako dan Desa Jikolamo. Keenam desa tersebut berada di Pulau Tolonuo dan Pulau Dagasuli.

Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Utara Fredy Tjandua menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN dan juga masyarakat Tolonuo dan Dagasuli karena sudah ikut serta aktif dalam membantu pemerintah daerah menyiapkan infrastruktur kelistrikan di kedua pulau tersebut.

“Dengan dibangunnya PLTD di Pulau Tolonuo dan Dagasuli semoga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar terutama potensi perikanan di pulau ini. Dengan meningkatnya kapasitas listrik dapat dibangun cold storage agar hasil tangkapan ikan bisa disimpan lebih banyak sehingga potensi penjualan ikan dari Pulau Tolonuo dapat meningkat,” ujarnya.

PLN menyediakan mesin berkapasitas 100 kilo Watt (kW) untuk melistriki 300 pelanggan di Pulau Tolonuo. Sedangkan untuk 300 pelanggan lainnya di Pulau Dagasuli, PLN menyediakan mesin berkapasitas 250 kW.

“Di samping itu, kami juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3 kms dan 2 buah Trafo Distribusi dalam melistriki Pulau Tolonuo dan Dagasuli. Dengan dilistrikinya keenam desa di Pulau Tolonuo dan Dagasuli, maka kini tersisa 17 desa dari 199 desa di Kabupaten Halmahera Utara yang segera kami listriki,” ujar Manager PLN UP3 Sofifi Yusrizal.

Dilistrikinya Pulau Tolonuo dan Dagasuli turut memberi dampak positif bagi kegiatan warga sehari-hari, baik untuk penerangan maupun kegiatan usaha. Di samping itu juga mengdongkrak geliat ekonomi setempat.

Sumber PLN, edit koranbumn

Check Also

Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir, “BUMN Ekspansi ke Pasar Modal”

Presiden Joko Widodo punya pesan khusus untuk menteri baru yang menangani Badan Usaha Milik Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *