Home / Berita / PLN Siap Layani Investor Baru Masuk ke Sumatera Barat

PLN Siap Layani Investor Baru Masuk ke Sumatera Barat

Pasokan listrik di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) kini sudah surplus 58 Megawatt (MW). Berdasarkan data PLN per Maret 2019, total daya mampu pembangkit di Sumbar mencapai 660 MW, sementara beban puncak 602 MW.

Dengan adanya surplus tersebut, PLN menyatakan bahwa investor yang masuk ke Sumbar tak perlu khawatir kekurangan pasokan listrik. PLN siap melayani.

“PLN siap menyambut investor yang mau masuk ke Sumbar. Bahkan kalau berdiri 100 hotel bintang 5 baru, kami siap pasok listriknya,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto, saat ditemui di Padang, Sabtu (27/4).

Pada tahun ini, PLN menargetkan pertumbuhan penjualan listrik di wilayah Sumbar sebesar 4 persen. Target yang dipatok tak terlalu tinggi karena adanya penurunan konsumsi listrik dari pelanggan industri I-4 di Sumbar, terutama industri semen.

“Tahun ini target penjualan tumbuh 4 persen karena penurunan konsumsi listrik pelanggan industri I-4, industri semen. Tahun 2018 lalu konsumsi listrik di Sumbar tumbuh 3,1 persen,” ucapnya.

Untuk menggenjot penjualan listrik, Bambang mengaku telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari program diskon tambah daya, diskon tarif untuk pelanggan industri, hingga mendorong masyarakat menggunakan kompor induksi dan kendaraan listrik. Diharapkan langkah-langkah itu bisa mengerek konsumsi listrik.

“Dari korporasi, ada program Menembus Batas yang memberi diskon tambah daya sampai akhir April ini. Kemudian ada diskon tarif Rp 52 per kWh untuk pelanggan 900 VA nonsubsidi. Untuk industri juga ada diskon pada jam tertentu di luar beban puncak,” paparnya.

“Kita juga buat program-program seperti mendorong pegawai jadi marketer, tidak sekedar menunggu. Kita mendorong juga masyarakat pakai kompor induksi,” tutupnya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

BTN Klaim Kinerja Memasuki Kuartal III/2019 Masih Solid

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengklaim kinerja perseroan tetap solid memasuki kuartal III/2019. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *