Home / Berita / PLN Telah Selesaikan SOP untuk Tender PLTS Terapung Cirata

PLN Telah Selesaikan SOP untuk Tender PLTS Terapung Cirata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyelesaikan prosedur standar operasi untuk tender PLTS terapung Cirata.

Nantinya, dengan adanya prosedur standar operasi (SOP) tersebut, akan dilakukan proses right to match. Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan nantinya kesepakatan antarpemerintah untuk mengembangkan PLTS Cirata akan mengacu pada hasil tender tersebut.

“Adanya SOP itu, akan berlaku umum dan bisa untuk proyek lainnya,” tuturnya, Kamis (28/3/2019).

Menurutnya, tender akan cepat dilakukan dengan selesainya penyusunan prosedur standar operasi. Hanya saja, dia tidak menyebutkan target khusus kapan terder PLTS Cirata diselesaikan.

Sebelumnya, Kementerian ESDM memang telah meminta penjelasan PT PLN (Persero) sambil mendorong adanya percepatan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata.

Dia mengungkapkan nantinya PLN melalui anak usahanya, PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), akan melakukan semacam pemilihan mitra pembangunan PLTS tanpa penunjukkan langsung. “Semacam right to match,” tuturnya.

Terkait mitra dalam pengangunan, Masdar, anak usaha Mubadala asal Uni Emirat Arab yang fokus bergerak di sektor energi baru terbarukan (EBT) semula adalah calon tunggal mengingat adanya kerja sama antar pemerintah yang mendasarinya.

Kesepakatan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan ditandatanganinya PJB project development agreement PLTS Terapung Cirata antara PJB dengan Masdar.

Dengan kerja sama tersebut, direncanakan keduanya akan bermitra membentuk perusahaan patungan dengan porsi saham mayoritas oleh PJB sebesar 51% dan porsi Masdar 49%.

Namun, belakangan Masdar tidak lagi menjadi calon mitra karena tidak ingin menyalahi aturan dalam proses penetapan badan usaha pengembang pembangkit.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Adhi Karya Anggarkan Belanja Modal Rp3,4 Triliun untuk Tahun 2020

Emiten konstruksi pelat merah PT Adhi Karya Tbk (ADHI) berencana menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *