Home / Berita / PMMB Akan Menjadi Nilai Tambah Mahasiswa

PMMB Akan Menjadi Nilai Tambah Mahasiswa

Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) di PT DAHANA (Persero) telah dimulai. 19 Mahasiswa dari 7 Perguruan Tinggi Indonesia secara resmi telah menjadi peserta dalam program ini. Selama 6 bulan kedepan peserta akan menyalurkan potensi dan pengalaman kerja di lingkungan BUMN, perusahaan bahan peledak DAHANA.

PMMB merupakan program yang diwadahi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk mewujudkan salah satu program Kementerian BUMN yakni BUMN Hadir Untuk Negeri. Kesempatan mahasiwa magang di BUMN ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan masuk ke dunia kerja terutama dalam menghadapi persaingan global dengan berbekal sertifikat kompetensi.

Bagi perguruan tinggi, program ini dapat menjadi kalibrasi link and match kurikulum serta silabus antara yang disampaikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Ketua FHCI Herdy Herman. Sementara bagi industri, program ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan, di samping juga untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan.

Program ini pun mendapat sambutan dari beberapa perguruan tinggi, salah satunya adalah Universitas Subang (Unsub). Pada PMMB kali ini Unsub menyertakan 6 orang mahasiswanya untuk mengikuti magang selama 6 bulan.

Sala satu dosen pendamping mahasiswa Unsub, Nuraeni menuturkan program magang yang biasa digelar oleh kampusnya rata-rata hanya 3 bulan. Beberapa periode, mahasiswa unsub juga sering melaksanakan magang DAHANA, namun berbeda dengan program magang yang dipelopori oleh BUMN. “Beberapa kali mahasiswa kami pernah mengikuti magang di DAHANA tetapi hanya 3 bulan, namun kali ini selama satu semester, tentunya berharap akan lebih matang mahasiswa mengenal dunia industri,” terangnya.

PMMB menurut Nuraeni, merupakan program yang sangat bagus bagi pengembangan mahasiswa, selain itu dengan bekal pengalaman dan sertifikasi dapat memberikan nilai tambah bagi mereka untuk lebih percaya diri dan siap memasuki dunia kerja.

Sumber Dahana, edit koranbumn

Check Also

PTPN III Selenggarakan Sipro Culture Day 2019

 PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menyelenggarakan Sinergi, Integritas, dan Profesionalitas (SIPro) Culture Day 2019 dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *