Home / Berita / PPI Masuk Industri Jagung mulai Hulu ke Hilir

PPI Masuk Industri Jagung mulai Hulu ke Hilir

Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) akan masuk dalam industri jagung mulai dari hulu ke hilir.

Direktur Utama PPI Agus Andiyani mengatakan perusahaan plat merah tersebut sedang melakukan persiapan untuk memasuki bisnis hilir jagung dalam waktu dekat.

Pasalnya komoditas palawija tersebut dalam dua tahun terakhir tengah menjadi komoditas yang hangat.

“Bila semua sudah selesai Insyaallah PPI siap suplai bibit, pupuk, dan barang kebutuhan lainnya bekerjasama dengan kelompok tani dan Koperasi,” katanya kepada Bisnis melalui pesan singkat pada Rabu dini hari (27/3).

Adapun saat ini, pada sektor hulu PPI telah memiliki satu jenis bibit jangung hasil kerjasama dengan Balitbang kementan. Rencananya bibit itu akan disuplai ke Dinas Pertanian daerah atau ke Petani langsung dalam waktu dekat.

Selain itu, PPI sedang melakukan persiapan untuk sektor hilir dengan membangun dryer di beberapa sentra produksi. Sekaligus merintis kerjasama dengan pabrik pakan ternak atau pembeli lain.

“Kami menyiapkan diri sebagai salah satu pemain jagung sekaligus menjadi offtaker hasil panennya,” katanya.

Sebelumnya, Maxdeyus Sola, Sekretaris Jendral Dewan Jagung Nasional, berharap ada BUMN yang ikut terjun dalam bisnis perjagungan.

Namun, dengan syarat jual belinya dalam bentuk komersil karena penggunaannya pun lebih kepada industri dibandingkan dengan konsumen akhir.

Masuknya BUMN, lanjutnya, berfungsi sebagai buffer stok mana kala cadangan menipis perseroan melepas cadangan yang dimiliki.

“BUMN harus lihat ini sebagai peluang bisnis daripada penugasan pemerintah. Kalau mereka distribusi per mei sampai akhir tahun harga bisa di atas Rp6.000/kg ke atas. Kalau misalnya beli saat panen raya Rp4.500/kg artinya BUMN akan mendapat margin ketika harga naik beda dengan penugasan serap beras,” katanya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Pusri Beri Bantuan Korban Musibah Kebakaran Kertapati

Sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah kebakaran yang menimpa warga Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati, Pusri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *