Home / Berita / Presiden Jokowi Perintahkan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dibangun 2021

Presiden Jokowi Perintahkan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dibangun 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Dirut Angkasa Pura II untuk membangun terminal keempat di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Dia menargetkan pembangunan tersebut dimulai pada 2021.

“Kita harapkan di 2021 terminal keempat juga sudah dibangun lagi. 3 tahun rampung, kapasitas 35 juta,” ujar Presiden Jokowi usai meninjau progres pembangunan runway di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/6).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan dengan penambahan terminal, Bandara Soekarno-Hatta diharapkan dapat menampung hingga 110 juta penumpang. Saat ini, Presiden Jokowi menyebut desain untuk terminal 4 sudah dibentuk.

“Sehingga total nantinya kita harapkan di sini bisa menampung 110 juta penumpang dengan plus terminal keempat. Ini memang pertumbuhan penerbangan kan cepat sekali,” jelasnya.

Presiden Jokowi menuturkan akses penunjang menuju bandara juga telah disiapkan. Setelah hadirnya kereta bandara, menurut dia, bukan tidak mungkin akan ada akses LRT menuju bandara.

“Iya sekarang sudah ada kereta bandara. Bisa saja nanti ditambah LRT sampai sini atau kereta cepatnya diteruskan sampai ke Soetta. Kita ini berburu dengan sebuah kecepatan pertumbuhan,” kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, setelah mengoperasikan Terminal 3, pihaknya akan membangun Terminal 4 di Bandara Soetta. Terminal ini berada depan Terminal 3 atau di lokasi yang saat ini ditempati oleh lapangan golf Soewarna.

Dengan adanya terminal baru Bandara Soekarno-Hatta diharapkan bisa menambah jumlah kapasitas penumpang. Awal memperkirakan dana yang harus dikeluarkan untuk proyek tersebut sekitar Rp 1 triliun. Nantinya dana pembangunan itu akan menggunakan kas internal perusahaan dan penerbitan obligasi.

Sumber Merdeka, Liputan6 Edit koranbumn

 

Check Also

BSN Memberikan Apresiasi atas Komitmen Pupuk Kaltim Terapkan SNI

Sejumlah produk dan inovasi PT Pupuk Kaltim (Persero) yang berbasis teknologi dipamerkan dalam rangkaian peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *