Home / Berita / Produksi Minyak di Lapangan Handil Dikelola Pertamina Hulu Mahakam Meningkat

Produksi Minyak di Lapangan Handil Dikelola Pertamina Hulu Mahakam Meningkat

Satu lagi berita baik dari salah satu lapangan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Pada 11 Agustus 2019, Lapangan Handil berhasil meningkatkan produksi minyaknya menuju 17.000 BOPD, padahal sejak tahun 2001, laju produksi di lapangan tersebut relatif stabil di kisaran 15.000-16.000 BOPD.

Peningkatan produksi ini berhasil diraih berkat bantuan dari tiga sumur Handil Shallow, yaitu H-LB-177 sumur yang baru dibor pada tahun 2019, sumur H-A-437 yang sudah berproduksi sejak tahun 2007 serta sumur H-SA-328 yang sudah berproduksi sejak tahun 1983.

Sumur H-SA-328  merupakan sumur pertama dari Handil Shallow yang diproduksikan tanpa SCON. Hasil kolaborasi GSR dengan FO (WPT & HCA) dengan mengunakan spiral tube dapat memberikan perlindungan terhadap sistem produksi di permukaan dengan melakukan special Job Risk Assessment (JRA) termasuk mitigasi untuk menjamin aspek keselamatan produksi.

“Keberhasilan mencapai 17. 000 BOPD merupakan hadiah Lapangan Handil untuk Perayaan Kemerdakaan Indonesia pada 17 Agustus 2019,” ungkap General Manager PHM, John Anis.

Sumur-sumur baru saat ini masih menunggu put on production (POP) dan diharapkan akan meningkatkan lagi produksi minyak dan gas di Lapangan Handil. Dengan pencapaian ini, harapan terhadap produksi Lapangan Handil masih besar, karena potensi tersimpan di lapangan ini masih cukup tinggi. Kolaborasi antar entitas tentunya akan mewarnai pengembangan Lapangan Handil di masa yang akan datang.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *