Home / Berita / Program BRIncubator, Berikan Pelatihan dan Pendampingan Jangka Panjang

Program BRIncubator, Berikan Pelatihan dan Pendampingan Jangka Panjang

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memberikan kesempatan pada pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bisa memperbesar skala bisnis melalui program inkubasi bisnis yang diberi nama BRIncubator.

Kepala Desk Inkubator Bisnis Mikro dan Ritel BRI Djoko Purwanto mengatakan, setiap UMKM yang bergabung di program ini akan diberi pelatihan langsung dari para pakarnya. Selain itu, akan ada pendampingan yang sifatnya jangka panjang.

Djoko mengatakan, program ini sangat terbuka bagi para pengusaha mikro yang ingin bisnisnya berkembang.

“Tidak ada syarat. Ya yang jelas mereka yang punya usaha dan mau berkembang. Lalu mereka sudah menjadi anggota dan aktif di Rumah Kreatif BRI (RKB). Dari situ kami akan pilih mana yang layak masuk inkubasi,” ungkap Djoko , Sabtu (6/4).

Menurut Djoko, pada peluncuran BRInkubator tahun lalu, baru ada lima wilayah yang memiliki RKB. Namun untuk tahun ini, BRI menambah lima wilayah lagi sehingga total ada 10 wilayah yang punya RKB. Beberapa wilayah di antaranya yaitu Jakarta, Bandung, Gianyar, Sidoarjo hingga Aceh.

Nantinya, jika terpilih untuk masuk ke program inkubasi, ada empat tahapan yang akan dilalui para UMKM, yaitu:

Pre Inkubasi

Tahap ini merupakan program dasar perkenalan basic bisnis dan kewirausahaan untuk meningkatkan daya saing. Targetnya, para pelaku UMKM bisa memiliki kecakapan dalam hal keuangan.

Inkubasi

Pada tahap ini, para pelaku UMKM ditargetkan bisa mengelola bisnis secara manajerial. Misalnya, mereka bisa membuat SOP untuk proses produksi bagi kegiatan usaha masing-masing. Pada tahap ini pengelolaan tentang pemasaran juga mulai diajarkan.

Akselerasi

Pada tahap ini pelaku UMKM mulai dikenalkan cara menggunakan channel promosi agar bisa lebih menjual. Misalnya diajarkan langsung cara memanfaatkan Instagram, Facebook hingga Google ads. Singkatnya, para pelaku UMKM mulai dikenalkan dengan digital dan trik dalam berjualan.

Rapid Growth

Dalam tahap ini akan dipilih UMKM-UMKM yang paling mumpuni untuk didampingi selama 3 bulan serta hingga siap ekspor. Pada tahap awal dulu, terdapat 500 UMKM yang kemudian diseleksi melalui sistem gugur. Proses seleksi dilakukan hingga menyisakan 25 UMKM dan dipilih lima pemenang.

Djoko mengatakan, UMKM tidak perlu khawatir karena proses pendampingan tersebut bersifat jangka panjang. Artinya, BRI memastikan bahwa usaha yang dirintis bisa bertahan dan berkelanjutan.

“Akan terus didampingi jangka panjang. Karena kan nasabah BRI juga ada yang 10 tahun, 20 tahun sampai 30 tahun. Harapannya mereka nanti suatu saat yang akan jadi mentor dan berbagi kisah sukses ke peserta inkubasi yang baru,” tandasnya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *