Home / Berita / Program Kemitraan Pelindo III Salurkan Modal untuk Usaha Perempuan Prasejahtera

Program Kemitraan Pelindo III Salurkan Modal untuk Usaha Perempuan Prasejahtera

Pelindo III gandeng PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM untuk menyalurkan Program Kemitraan (PK) yang dikelolanya. Program tanggung jawab sosial (CSR/corporate social responsibility) tersebut berupa bantuan permodalan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) yang membutuhkan.

“Sinergi BUMN tidak hanya pada sisi bisnis, tetapi juga tanggung jawab sosial. Dengan kerja sama ini, maka lapisan masyarakat yang merasakan manfaat Program Kemitraan Pelindo III akan semakin luas. Karena juga akan menyasar UKM yang dijalankan oleh perempuan-perempuan prasejahtera yang tergabung dalam Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar),” kata Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto, usai penandatanganan kerja sama antara PNM dengan Pelindo III di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (19/3).

Toto Heliyanto menyebutkan, nilai hibah dana Program Kemitraan Pelindo III yang akan disalurkan bertahap melalui PNM dialokasikan mencapai Rp 25 miliar. PNM ditugaskan oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN Khusus untuk menjadi BUMN di bidang jasa keuangan yang mendorong pengembangan perekonomian rakyat, melalui pemberdayaan ekonomi mikro dan kecil.

Selain Pelindo III, ada tujuh BUMN lain yang pada kesempatan yang sama juga menandatangi kesepakatan untuk mendorong PNM Mekaar, yaitu Pegadaian, Krakatau Steel, Asuransi Jasa Indonesia, Indofarma, Angkasa Pura I, Wijaya Karya, dan Peruri. Sebelumnya pada Senin (18/2), Jasa Raharja dan Jamkrindo juga telah memberikan dukungan untuk bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pembiayaan dan pendampingan usaha melalui PNM Mekaar.

PNM Mekaar merupakan program unggulan Kementerian BUMN yang termasuk dalam road map ekonomi kerakyatan yang terus didorong oleh Pemerintah. Program tersebut memberikan pembiayaan dan pendampingan usaha kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra-mikro. Baik yang sudah memiliki usaha atau pun yang baru akan memulai usaha.

Sumber Pelindo III, edit koranbumn

Check Also

KBRI Warsawa Bekerja Sama dengan Perum Produksi Film Negara Gelar Festival Film Indonesia di Warsawa, Polandia

Festival Film Indonesia di Warsawa, Polandia, yang diselenggarakan oleh KBRI Warsawa bekerja sama dengan Perum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *