Home / Berita / Program Pengembangan SDM Mengacu Kebutuhan dan Rencana Bisnis Pertamina, Direktorat SDM Luncurkan Individual Development Plan

Program Pengembangan SDM Mengacu Kebutuhan dan Rencana Bisnis Pertamina, Direktorat SDM Luncurkan Individual Development Plan

Direktorat SDM PT Pertamina (Persero) meluncurkan program Individual Development Plan (IDP) dalam acara Leaders Forum 2019 di Ballroom Mezzanine Floor, Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin  (1/4/2019). Program ini termasuk ke dalam rencana kerja utama program strategis Talent Development 2019 Direktorat SDM Pertamina (Persero).

IDP merupakan rencana pengembangan pekerja yang disepakati oleh atasan dan pekerja dengan tetap mengacu pada kebutuhan dan rencana bisnis perusahaan. Terdapat empat hal yang menjadi pertimbangan dalam mengembangkan pekerja, pertama Gap to Current/Future Position, Regulation, Business Needs, dan Development Framework.

“Program ini sangat baik sekali, seperti yang kita ketahui masing-masing pekerja memiliki karakteristik dan ekspektasi yang berbeda sehingga diperlukan program yang sesuai dengan minatnya. Program ini juga disesuaikan dengan perubahan zaman, bagaimana untuk menghasilkan sesuatu yang baru maka cara baru harus direalisasikan,” ujar Direktur SDM Pertamina Koeshartanto.

Ia menegaskan, target pencapaian learning hours tahun ini ialah 1.200.000 learning hours. Dengan mandatory training meliputi 17 courses untuk 7818 pekerja dan dengan mobile learning meliputi 26 courses untuk 11.301 pekerja.

“Mohon dukungan untuk rekan-rekan sekalian. Ini komitmen kita semua bagaimana 1.200.000 dapat kota lewati,” tambah Koeshartanto.

Sementara itu,   VP People Management  Gustini Raswati memaparkan, program IDP mencakup 10% pengembangan dari diri sendiri (training, self study), 20% pengembangan yang di dapat dari orang lain (feedback, coaching & mentoring, benchmarking), 70% pengembangan yang diperoleh dari pengalaman/experiential learning (assignment, special project, OJT, task force).

“Kami sangat fokus pada kemampuan pekerja sesuai dengan passion-nya, bagaimana beradaptasi dan belajar mengenai hal baru. Oleh karena itu, kami juga membuka layanan informasi melalui HR Customer Service ke 021-3816999 atau ext. 6999/ 6666 atau dapat mengubungi servicedesk.hr@pertamina.com jika ada pekerja Pertamina yang membutuhkan penjelasan lebih detil,” pungkasnya.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *