Home / Berita / Promo Wisata BUMN : Eksotisme Warisan Dunia Candi Prambanan

Promo Wisata BUMN : Eksotisme Warisan Dunia Candi Prambanan

Dibalik kisah sejarah yang begitu melekat di hati masyarakat karena melegenda, pasti tidak asing lagi dengan Candi Prambanan. Candi Prambanan (dikenal juga dengan Candi Roro Jonggrang) adalah kompleks candi agama Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di perbatasan wilayah antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah.

Candi Prambanan juga merupakan candi terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan ini telah terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Candi Prambanan dibangun pada tahun 856 M oleh Raja Balitung Maha Sambu dan Raja Ropakala. Candi ini dibangun sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.

Di balik semua itu ada legenda kisah cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Guna mempersuntingnya, Roro Jonggrang mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan seribu candi dan harus selesai semalam sebelum matahari terbit.

Roro Jonggrang berkeyakinan bahwa Bandung Bondowoso tidak akan bisa menyelesaikannya. Dan ternyata Bandung Bondowoso hanya bisa membangun 999 candi, karena Bandung Bondowoso sangat kesal maka Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung ke seribu.

Dari cerita itulah Candi Prambanan bisa menjadi terkenal dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Candi ini juga memiliki kemegahan dan keindahan yang sangat menarik. Daya tarik yang dimiliki oleh Candi Prambanan ini mampu menarik hati para wisatawan mancanegara maupun domestik. Jika saat musim libur tiba, candi ini seakan menjadi destinasi wisata wajib yang dikunjungi saat berada di Yogyakarta.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Selain candi-candi tersebut, masih ada banyak sekali candi lain di kompleks ini, yaitu Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok, dan Candi Perwara. Semua candi ini mengelilingi Candi Trimurti.

Meskipun bentuknya tidak selengkap dulu, candi ini masih menarik hati ribuan orang yang datang dari seantero dunia dan berlomba-lomba mengabadikannya dalam bidikan lensa kamera. Meskipun sudah dipotret ribuan atau bahkan jutaan kali, ternyata masih ada sudut-sudut rahasia untuk mengabadikan kemegahan candi ini.

Kebanyakan tempat-tempat ini berada di lokasi tersembunyi atau jarang diperhatikan orang atau wisatawan, namun tidak bagi mata tajam para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan Prambanan dari sudut berbeda. Ada beberapa spot yang tersembunyi antara lain, Spot Bu Ani, Spot Candi Nandi, Spot Reruntuhan Candi Perwara, dan Spot Syiwa Mandala.

Selain mengabadikan foto di Candi Prambanan, pengunjung juga bisa berkeliling ke Candi Sewu, Candi Bubrah dan Candi Lumbung yang masih berada di Kompleks Candi Prambanan dengan menggunakan fasilitas yang ada di Kompleks Candi Prambanan ini, antara lain Tayo, Kereta Mini, atau dapat juga bersepeda.

Mari berkunjung ke Taman Wisata Candi Prambanan!

Check Also

LPEI Dorong Generasi Muda Jadi Eksportir Unggul, Lebih Dalami Potensi Eksportasi

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong pelaku usaha dalam negeri termasuk generasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *