Home / Berita / Proses Transfer Bisnis LNG PGN dari Pertamina

Proses Transfer Bisnis LNG PGN dari Pertamina

 PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyatakan tengah dalam proses transfer bisnis liquid natural gas (LNG) dari PT Pertamina, khususnya dalam segmen bisnis pengelolaan. Dengan kata lain, PGAS akan berperan dalam segmen bisnis tengah (midstream) dan hilir (downstream) LNG.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan, salah satu tugas PGN adalah mencari pasar untuk menyalurkan LNG Pertamina. “Saat ini, kami aktif mencari proyek LNG, baik dari dalam maupun luar negeri guna menambah kontrak agar bisa memperbesar penyaluran LNG Pertamina,” kata dia di Jakarta, Senin (26/8).

Meskipun begitu, menurut Gigih, urusan legal proyek-proyek tersebut belum ada di kendali PGN. “Masalah legal untuk kontrak-kontrak LNG tetap ada di Pertamina,” ucap dia.

Meskipun begitu, ia tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya, seluruh segmen bisnis pengelolaan LNG, mulai dari kontrak hingga eksekusi pemasaran dapat dilakukan oleh PGN.

Sebagai informasi, transfer bisnis LNG Pertamina ke PGN adalah salah satu dampak dari pembentukan holding BUMN Migas yang dikepalai oleh Pertamina dan sub-holding gas yang dijalankan PGN.

Dengan susunan ini, Pertamina akan berperan pada segmen bisnis hulu (upstream) berupa produksi gas dari blok migas hingga diolah menjadi LNG. Sementara itu, PGN akan berperan pada segmen midstream dan downstremberupa penjualan LNG dari regasifikasi hingga penyaluran gas ke konsumen industri dan komersial serta rumah tangga.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *