Home / Berita / Proyek Kereta Bandara NYIA Ditargetkan Selesai Tahun 2021.

Proyek Kereta Bandara NYIA Ditargetkan Selesai Tahun 2021.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini telah melakukan pengadaan lahan untuk proyek Kereta Bandara Baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri menargetkan proyek kereta bandara di Jawa Tengah ini rampung pada tahun 2021.

“Mungkin (progres) itu Yogyakarta. Kalau Yogyakarta ini mungkin dalam 2 tahun ini akan selesai. Sekarang baru pengadaan lahan,” katanya di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (26/3).

Adapun pajang proyek kereta bandara ini 5,3 kilometer (km). Sementara investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 1 triliun.

“Investasi sekitar Rp 1 triliun karena kita akan bikin beberapa elevated,” sebutnya.

Sayangnya Zulfikri enggan menjelaskan lebih rinci mengenai pendanaan investasi. Nantinya, rute kereta yang akan menghubungkan NYIA dengan Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Sebelumnya diberitakan, PT KAI telah membangun 1 stasiun baru di Bandara Adi Soemarmo dan Jalur Kereta Api baru sepanjang 13,5 km yang menghubungkan bandara dengan Stasiun Solo Balapan.

Sementara untuk membuka akses ke Bandara NYIA, PT KAI mulai awal 2019 akan membuat jalur kereta sepanjang 5,6 km dari bandara ke Stasiun Kedundang, Kulon Progo. Sedangkan dari Kulon Progo menuju Yogyakarta memakai jalur eksisting.

Sumber KUmparan, edit koranbumn

Check Also

Pusri Beri Bantuan Korban Musibah Kebakaran Kertapati

Sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah kebakaran yang menimpa warga Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati, Pusri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *