Home / Berita / Proyek Nindya Karya Pembangunan Menara ATC Bandara Supadio

Proyek Nindya Karya Pembangunan Menara ATC Bandara Supadio

Nindya Karya akan menampilkan informasi mengenai proyek tiga menara Air Traffic Controller (ATC) yang pernah dikerjakan oleh Nindya Karya dan saat ini telah difungsikan pengoperasiannya. Ketiga proyek tersebut berada di tiga Bandara di Wilayah Barat Indonesia yaitu Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang dan Bandara Supadio Pontianak.

Pembangunan Menara ATC ini merupakan bentuk sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terjalin antara PT Nindya Karya (Persero) dengan Perum LPPNPI selaku operator navigasi udara diseluruh wilayah Indonesia. Meskipun kerja sama dibangun dalam skema sinergi BUMN, pemilihan Nindya Karya dilakukan melalui hasil penilaian teknis, rekam jejak serta kompetensi yang ketat sehingga dinilai berkompeten dalam menangani proyek ini.

Salah satu Profil ATC yakni  ATC Bandara Supadio, Bangunan ATC Tower Bandara Supadio ditempatkan bersebelahan dengan area apron Bandara Supadio. Penempatan tersebut ditujukan untuk memudahkan fungsi ATC dalam memantau pergerakan pesawat dan berkomunikasi dengan pilot di landasan dan di area udara.

Dari segi rancangan, bangunan ATC Tower Bandara Supadio didesain bergandengan dengan bangunan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan-Pemadam Kebakaran (PKP-PK) menjadikan kedua bangunan tersebut menjadi bentuk baru yang dinamis.
Desain ATC Tower tersebut juga menggunakan garis lengkung dan bidang miring menyesuaikan dengan konsep yang ada pada bangunan bandara. Yang menarik, desain kepala menara mengambil konsep metafora dari retina mata yang lekat secara filosofis pada fungsi ATC Tower sebagai sarana pengamatan dan pengawasan.

Sumber Nindya Karya / edit koranbumn

Check Also

Jasa Tirta I Partisipasi ICWRDEP 2019 di Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Bertempat di Auditorium Prof Ir Suryono, Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya 12-13 Oktober 2019 dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *