Home / Berita / Proyek Nindya Karya Pengerjaan Bendungan Tanju dan Mila

Proyek Nindya Karya Pengerjaan Bendungan Tanju dan Mila

Dua proyek prestisius NINDYA milik Direktorat Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bidang irigasi yaitu Bendungan Tanju dan Mila yang berlokasi di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Proyek Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT Nindya Karya (Persero) dan Hutama Karya (Persero) saat ini kondisinya telah 100% rampung dan tengah masuk dalam masa pemeliharaan. Bahkan kedua proyek telah dilakukan proses penggenangan air (impounding).

Sekilas Profil Bendungan Tanju dan Mila

1. Bagian dari Rababaka Kompleks
Bendungan Tanju dan Mila merupakan bagian dari Sistem Jaringan Irigasi Interkoneksi Rababaka Kompleks yaitu penyatuan dua potensi Daerah Irigasi (DI) antara Bendungan Rababaka sebagai bendungan eksisting dan bendungan baru tersebut dengan membuat saluran penghubung (interbasin) antar sungai.

2. Memiliki Beragam Manfaat
Tujuan utama kedua bendungan adalah sebagai penampung kelebihan air dari Sungai Rababaka saat musim hujan serta suplai air baku untuk kepentingan agraria daerah di sekitarnya. Dua bendungan tersebut juga memiliki manfaat lain diantaranya sebagai pengendali banjir, pengembangan potensi wisata dan sektor perikanan air tawar.

3. Spesifikasi dan Kapasitas Bendungan
Diresmikan pada 30 Juli 2018 oleh Presiden Joko Widodo, Bendungan Tanju memiliki spesifikasi yaitu dimensi 3 m x 3 m dengan panjang 157 m. Luas genangan sebesar 287,89 Ha dengan tipe urugan Random Inti Tegak elevasi puncak +123 m. Untuk tipe saluran pelimpah adalah Over Flow dengan panjang 162,77 m.

Bendungan Tanju memiliki kapasitas tampung sebesar 18 juta meter kubik dengan kemampuan suplai air ke Daerah Irigasi seluas 2.250 Ha

Diresmikan pada 17 Januari 2019, Bendungan Mila memiliki spesifikasi yaitu dimensi 3 m x 3 m dan panjang 190 m. Luas genangan sebesar 84,52 Ha dengan tipe urugan Random Inti Tegak elevasi puncak +72 m. Untuk tipe saluran pelimpah adalah Over Flow dengan panjang 328,65 m.

Bendungan Mila memiliki kapasitas tampung sebesar 6,73 juta meter kubik dengan kemampuan suplai air ke Daerah Irigasi seluas 1.689 Ha

Sumber Nindya Karya, edit koranbumn

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *