Home / Berita / PT PP Rencanakan Lepas Sebagian Kepemilikan Saham di Dua Ruas Jalan Tol pada Tahun Ini

PT PP Rencanakan Lepas Sebagian Kepemilikan Saham di Dua Ruas Jalan Tol pada Tahun Ini

PT PP Tbk. berencana melepas sebagian kepemilikan saham di dua ruas jalan tol pada tahun ini. Perseroan akan menyisakan kepemilikan saham di bawah 20%.

Direktur Keuangan PTPP, Agus Purbuanto mengatakan kepemilikan saham yang akan dilepas masing-masing di ruas Pandaan – Malang (38,48 kilometer) dan Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi (61,8 kilometer). Di masing-masing ruas, PTPP memiliki saham sebesar 35% dan 15%.

“Kami lepas sehingga [kepemilikan] saham kami under 20%. Di awal [operasi] kan pasti bleeding, supaya tidak hit [menggerus] kinerja, kami lepas,” jelas Agus kepada Bisnis, pekan lalu.

Menurut Agus, sejumlah pihak sudah menyatakan ketertarikan untuk mengambil alih saham PTPP di ruas tersebut. Dalam catatan Bisnis.com, ruas Pandaan – Malang tengah dalam tahap konstruksi dengan progres per 22 Februari 2019 sebesar 88,57%.

Jalan Tol Pandaan-Malang terbagi ke dalam lima seksi. Kelima seksi itu yakni seksi 1 Pandaan – Purwadadai (15,47 kilometer), Seksi 2 Purwodadi – Lawang (8,05 kilometer), dan seksi 3 Lawang – Singosari (7,1 kilometer). Selanjutnya seksi 4 Singosari – Pakis (4,74 kilometer), dan seksi 5 Pakis – Malang (3,11 kilometer).

Sementara itu, konstruksi MKTT telah rampung seluruhnya dan siap dioperasikan secara komersial. Agus menyebut, lalu lintas harian rata-rata (LHR)  di ruas MKTT sudah mencapai 27.000 kendaraan, melampaui asumsi studi kelayakan di angka 20.000.

Untuk diketahui, operasional jalan tol MKTT tidak serentak. Seksi 2 hingga seksi 6 sepanjang 41,65 kilometer sudah beroperasi sejak 2017. Seksi 1 baik yang dibangun oleh pemerintah maupun porsi BUJT sejauh 10,75 kilometer beroperasi setahun berselang. Selanjutnya, konstruksi seksi 7 sepanjang 9,3 kilometer telah rampung dan siap digunakan.

Sumber Bisnis,edit koranbumn

Check Also

Pemerintah dan Maskapai Cari Cara Sediakan Tiket Pesawat Murah Bisa Setiap Hari

Pemerintah tengah mencari cara untuk menyediakan tiket pesawat murah setiap hari untuk masyarakat. Saat ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *