Home / Berita / PT PP Siapkan Capex Rp800 Miliar untuk Pengembangan Usaha Jalan Tol Sepanjang 2019.

PT PP Siapkan Capex Rp800 Miliar untuk Pengembangan Usaha Jalan Tol Sepanjang 2019.

PT PP Tbk. menyiapkan belanja modal sebanyak Rp800 miliar untuk pengembangan usaha jalan tol sepanjang 2019. Belanja modal ini merupakan tahap awal yang akan digunakan untuk memenuhi porsi ekuitas pada badan usaha jalan tol (BUJT).

Direktur Keuangan PTPP, Agus Purbianto mengatakan belanja modal akan digunakan untuk rencana pengusahaan ruas Semanan – Balaraja dan Cikarang- Ciranjang. Ruas Semanan – Balaraja sudah mendapat izin prakarsa dari Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) sedangkan ruas Cikarang- Ciranjang masih dalam tahap pengajuan prakarsa.

“Di Semanan- Balaraja kami bersama Alam Sutera. Mayoritas [sahamnya] di kami, 51%,” jelasnya kepada Bisnis.com, akhir pekan ini.

Dalam catatan Bisnis.com, ruas Semanan – Balaraja yang diestimasi menelan biaya Rp15,6 triliun merupakan satu dari lima ruas prakarsa yang sudah diperkenalkan kepada calon investor pada Juli 2018 lalu. Adapun, empat ruas lain yang juga sudah mendapat izin prakarsa yaitu Kamal – Teluk Naga – Rajeg (38,6 kilometer), Akses Pelabuhan Patimban (37,7 kilometer), Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (184 kilometer), Jembatan Tol Balikpapan – Penajam (7,6 kilometer).

Agus menerangkan, di ruas Cikarang – Ciranjang pihaknya juga bakal menggandeng mitra, baik dari kalangan badan usaha milik negara (BUMN) maupun swasta. Panjang ruas yang diusulkan PTPP ini mencapai 52,3 kilometer dan diperkirakan menelan investasi Rp14 triliun.

Di bisnis jalan tol, PTPP punya portofolio yang tidak sedikit. Berdasarkan Laporan Tahunan 2017, ada partisipasi saham di tujuh ruas dengan porsi kepemilikan 12,5% hingga 35%.

Ketujuh ruas itu yang sebagian sahamnya dimiliki PTPP yaitu Depok – Antasari, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, Balikpapan – Samarinda, dan Pandaan – Malang. Selanjutnya Manado – Bitung, Cileunyi – Sumedang – Dawuan, dan Serang – Panimbang.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

KAI Raih Apresiasi Penghargaan Pada Anugerah Manajemen Informasi Arus Mudik 2019

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekjen Kominfo Niken Widiastuti, dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *