Home / Berita / PT Timah Tbk Benchmarking Pengelolaan Arsip ke KAI

PT Timah Tbk Benchmarking Pengelolaan Arsip ke KAI

PT Timah Tbk melakukan benchmarking ke Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mengetahui pengelolaan arsip di KAI,Rabu (22/11) .Rombongan benchmarking PT Timah yang dipimpin oleh Yahya Nugraha Tirtaatmaja selaku Kepala Divisi Sarana Prasarana dan Administrasi Umum diterima langsung oleh VP Corporate Document Management Mariyanto beserta jajaran unit kearsipan di ruang Rakor Kantor Pusat KAI.

Pada kesempatan ini, Yahya Nugraha Tirtaatmaja mengutarakan tujuannya dengan membawa 6 orang staffnya dari perusahaan yang bergerak di bidang produsen dan eksportir timah tersebut bermaksud untuk mempelajari mengenai pengelolaan dokumen dan arsip dari segi sistem/metode yang digunakan, kendala yang dihadapi, serta efektivitas penerapannya di KAI yang telah teruji sebagai salah satu model penyelenggaraan dokumen terbaik di lingkungan BUMN. Menurut Yahya, KAI memiliki unggulan yaitu sistem dokumen elektronik yang setiap kegiatan surat menyurat baik internal maupun eksternal sudah dibuat secara elektronik dan sudah tersimpan di sebuah server yang dinamakan RDS (Rail Document System)yang dapat diakses oleh semua pegawai KAI.

Mariyanto mengatakan bahwa dokumen perusahaan merupakan sumberdaya perusahaan yang menjadi daya dukung untuk memperoleh nilai tambah dan meningkatkan daya saing perusahaan dan 3 kunci sukses dalam pengelolaan dokumen adalah komitmen pimpinan, Change of Management,  serta implementasi IT dan inovasi. “KAI mencoba mengikuti semua peraturan yang ada, dan mematuhi standar kearsipan yang ditetapkan oleh ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia),” ujar Mariyanto.

Yahya Nugraha Tirtaatmaja tidak lupa mengucapkan ucapan terima kasih karena KAI sudah menerima benchmarking pihaknya dengan sangat baik. Semoga berbagai ilmu yang telah diterima kali ini dapat diimplemntasikan pada PT Timah agar pengelolaan arsipnya semakin baik. Acara diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata.

sumber KAI

 

Check Also

Pindad Berikan Apresiasi Sebesar Rp 1,25 Miliar Kepada Seluruh Kontingen Petembak TNI AD

Pindad memberikan apresiasi sebesar 1,25 Miliar Rupiah kepada seluruh kontingen petembak TNI AD atas prestasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *