Home / Berita / PTPN 8 Kembangakn Destinasi Wisata Situ Datar Pangalengan

PTPN 8 Kembangakn Destinasi Wisata Situ Datar Pangalengan

Untuk mendorong perekonomian warga Desa Margaluyu Kecamatan Pangalengan, karang taruna Desa menciptakan destinasi wisata Situ Datar di lingkungan perkebunan PTP VIII.

Penanggung jawab pengelola Situ Datar Ade Daryanto mengatakan, distinasi wisata tersebut baru diresmikan beberapa bulan yang lalu. Terciptanya objek wisata tersebut, menjadi destinasi wisata yang berada di wilayah bandung selatan.

”Saya mempelopori pengurus karang taruna Desa Margaluyu untuk bersama menciptakan destinasi wisata yang terbuat dari bendungan buatan PTPN VIII. Dengan adanya lokasi ini, kami akan mengelola dan menata lokasi agar memiliki potensi bagi pengunjung wisata,” kata Ade saat ditemui di Lokasi wisata Situ datar di Pangalengan.

Menurutnya, Situ datar berada di kampung pasir malang yang dikelilingi hamparan kebun the milik PTPN VIII. Para pengunjung yang datang kelokasi akan disajikan dengan kesejukan suasana alam perkebunan the, kesegaran tersebut bisa membayar rasa lelah di perjalanan.

”Alhamdulillah, dalam pengelolaan destinasi wisata situ datar yang baru diresmikan dua bulan yang lalu mendapat support dari pihak Pemerintahan Desa, Kecamatan, Koramil, Mapolsek dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Ade menjelaskan, objek wisata situ datar tersebut, akan dibuka secara resmi setelah bulan Ramadan. Melihat antusias masyarakat merespon adanya objek wisata baru di wialayah pangalengan, pihaknya merasa optimis hadirnya situ datar bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar.

”Alhamdulillah, walau belum dibuka secara maksimal. para pengunjung sudah mulai berdatangan, mungkin mereka tahu dari media social,” akunya.

Ade menambahkan, objek wisata Situ Datar yang di kelola karang taruna Desa Margaluyu kerjasama dengan SPBun (serikat pekerja perkebunan) unit pasirmalang memiliki luas sekitar 2 hektar. Dengan luasnya area situ, pihaknya memiliki konsep wisata air. Selain bisa menikmati wisata air, para pengunjung bisa menikmati suasana alam, perkemahan dan kuliner yang disajikan pengelola.

”kedepan wisata situ datar ini akan terus di kembangkan dengan berbagai fasilitas permainan dan penunjang lainnya. Saat ini, pengunjung masih disajikan fasilitas seadanya,” akunya

Salah satu pengunjung wisata situ Datar, Abdul Rohman mengatakan, lokasi destinasi wisata yang baru dibukan diwilayah tersebut memiliki suasana yang cukup bagus. Selain bisa berwisata air dengan suasa alam yang sejuk karena hamparan kebun teh.

”mungkin masih baru, jadi fasilitasnya belum lengkap. Tinggal pengelola bisa menciptakan inovasi untuk dijadikan daya tarik pengunjunga, kami merasa betah karena suasana alamnya masih alami,” akunya.

Dia berharap kepada pengelola dan pemerintahan sekitar, agar para pengunjung lebih merasa betah berada dilokasi dan penasaran untuk mengunjungi. Objek wiasata itu, harus dilengkapi dengan inflastrukur yang baik. Khusus, akses jalan masuk dan area parkir harus diutamakan.

”lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi berkumpul, baik acara keluarga atau komunitas. Seperti yang kami dari komunitas mobil charade merasa nyaman. Tinggal area parkirnya diperluas, agar bisa menampung banyak kendaraan,” pungkasnya

Sumber PTPN 8,Jabarekspress – edit koranbumn

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *