Home / Berita / PTPN VII Canangkan Zero Residu dalam Proses Giling Pabrik Gula

PTPN VII Canangkan Zero Residu dalam Proses Giling Pabrik Gula

Pabrik Gula Bungamayang yang dikelola PT. Buma Cima Nusantara (BCN), anak perusahaan PTPN VII memulai proses giling tebu (Rabu, 26/6/19), memasang target produksi 62 ribu ton gula kristal selama 104 hari giling. Pabrik berkapasitas 7.000 TCD (ton cane per day) ini mencanangkan zero residu atau tanpa bahan bakar minyak (BBM).

Seremoni buka giling ditandai penekanan tombol sirine di depan feeding unit (tempat memasukkan bahan baku). Hadir pada upacara sederhana itu, Direktur Operasional PT BCN Dicky Tjahyono, General Manager PG. Bungamayang Aris Afandi, para manajer, Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat Unit Bungamayang, dan karyawan.

Oho, sapaan Muhammad Hanugroho mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi kinerja pabrik gula ini. Dari identifikasinya, ia menyatakan pada proses giling tahun 2019 ini akan mengalami perubahan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Musim giling 2019 ini adalah tahun pertama PG Bungamayang dan PG Cinta Manis menjalankan operasional dengan bendera anak perusahaan kami, yakni PT. Buma Cima Nusantara. Kepada manajemen BCN, saya sudah dilimpahkan banyak kewenangan sehingga mereka bisa lebih cepat mengambil kebijakan. Tentu, dengan berbagai catatan. Dan yang menggembirakan, mereka kami beri challenge (tantangan, red.), dan mereka telah menjawabnya dengan kerja nyata,” kata Dirut bergaya milenial ini.

Salah satu tantangan krusial, kata Oho, adalah menjalankan proses giling tanpa menggunakan bahan bakar minyak (BBM) residu. Dengan tantangan itu, manajemen dan seluruh pekerja PT. BCN bekerja keras untuk memperbaiki seluruh sistem dalam pabrik sesuai standarnya. “Alhamdulillah, tantangan Pak Dirut tersebut sudah kami buktikan, baik di Pabrik Cinta Manis maupun di Bungamayang.

Sumber PTPN 7, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *