Home / Berita / PTPN XI Peruri Salurkan Modal Usaha Petani Tebu Wonolangan Rp4,5 Miliar

PTPN XI Peruri Salurkan Modal Usaha Petani Tebu Wonolangan Rp4,5 Miliar

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bekerja sama menyalurkan Rp4,5 miliar dana program kemitraan untuk modal usaha petani tebu di PG Wonolangan.

Direktur Komersil PTPN XI, Sucipto Prayitno mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari sinergi BUMN untuk menggerakkan perekonomian rakyat terutama sektor perkebunan dan pertanian tebu.

“Dana program kemitraan ini prinsipnya adalah dana bergulir yang diharapkn bisa menggerakkan perekonomian dan dana bisa kembali untuk dikembangkan lagi,” seusai penandatanganan kerja sama PTPN XI – Peruri, Senin (10/9/2018).

Dia mengatakan pemberian dana program kemitraan tersebut bisa digunakan oleh sekitar 45 petani dengan nilai plafon rata-rata Rp100 juta per petani sesuai dengan kebutuhan masing-masing petani.

“Ke depan diharapkan dana bisa meningkat lagi tapi kuncinya adalah konsistensi petani bagaimana petani berhasil mengembalikan dana modal usaha itu tepat waktu,” ujarnya Direktur Keuangan Peruri, Nungki Indraty mengatakan Peruri punya kewajiban untuk menggeliatkan masyarakat yang tidak terjamah oleh perbankan.

Apalagi sejak Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) ditiadakan maka petani tebu sempat kesulitan memenuhi kebutuhan modal. Kerja sama penyaluran dana kemitraan dengan PTPN XI tersebut merupakan yang pertama kalinya.

Sumber Situs Web PTPN XI/m.bisnis.com

Check Also

BRI Agro Incar Penambahan Modal Rp700 Miliar Lewat Rights Issue

PT Bank Rakyat Indonesia Agro Niaga Tbk akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *