Home / Berita / Pulau Karangjamuang Gerbang Pelayaran Surabaya

Pulau Karangjamuang Gerbang Pelayaran Surabaya

Pulau Karangjamuang, Pulau ini berada di Buoy 6 Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dengan luas lahan sekitar 7,8 hektare yang dikelilingi area laut 17,2 hektare dan terdapat satu unit dermaga ukuran 3 x 110 meter.
.
Selama ini Pulau Karang Jamuang digunakan oleh Pelindo III sebagai pos atau tempat transit petugas pandu yang bertugas sebagai advisor kapal yang hendak masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak dan Gresik melalui Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) karena area tersebut merupakan perairan wajib pandu.

Selain itu, di pulau tersebut juga berdiri mercusuar setinggi 80 meter yang membantu proses komunikasi. Di dalamnya juga terdapat beberapa sarana dan fasilitas seperti jalan setapak dari beton yang terhubung menuju ke ruang operator pandu dan juga ruang peristirahatan pandu.

Terdapat 2 orang petugas operator yang berfungsi sebagai penghubung antara pandu dengan abk kapal untuk mempersiapkan penjemputan kapal-kapal yang akan memasuki area Pelabuhan Tanjung Perak.

Sumber Pelindo III, edit koranbumn
.

Check Also

INALUM Gelar Customer Gathering di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

INALUM kembali melaksanakan kegiatan temu ramah dengan pelanggan Aluminium (Customer Gathering) di Ritz Carlton Pacific …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *