Home / Berita / Rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri, Kegiatan SMN Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Utara Resmi Ditutup

Rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri, Kegiatan SMN Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Utara Resmi Ditutup

Bertempat di Novotel Manado, rangkaian kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Sulawesi Utara secara resmi ditutup.

Kegiatan Penutupan SMN ini juga sekaligus menjadi ajang penyerahan kembali Peserta SMN Jawa Tengah ke daerah asalnya serta menerima kembali peserta SMN Sulawesi Utara yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Yusman selaku Airport Operation and Services Senior Manager mewakili General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, para generasi muda khususnya para peserta siswa mengenal nusantara ini diajak untuk memahami bahwa keanekaragaman suku, agama, dan kebudayaan yang dimiliki oleh negara indonesia ini bukanlah sebuah perbedaan yang menjadi penghambat untuk bersatu melainkan sebuah kekayaan yang harus dikelola menjadi kekuatan bangsa serta kepercayaan diri dalam bersaing di kancah internasional.

“Kami berharap usai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SMN ini pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan oleh para peserta melalui dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini pada masing-masing peserta,” ujar Yusman dalam sambutannya.

Kegiatan SMN merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang menjadi kegiatan mandatory Kementerian BUMN, adapun sejumlah 23 siswa/i SMA/SMK/SLB dari Jawa Tengah telah terpilih melalui proses seleksi dan dikirim ke Sulawesi Utara oleh PT Angkasa Pura I (Persero), PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PTPN IX dan PTPN X.

Selanjutnya, PT WIKA sebagai BUMN Penerima bersama dengan PT Nindya Karya, PT BKI, dan PT Damri sebagai Co-PIC dari Penyelenggara BHUN di Provinsi Sulawesi Utara akan mendampingi aktivitas para siswa/i tersebut mulai tanggal 14 Agustus 2019 – 20 Agustus 2019.

Selama berada di Sulawesi Utara, para peserta mengikuti rangkaian kegiatan diantaranya wawasan kebangsaan di Kodim Bolaang Mongondow (Bolmong), para peserta SMN juga diajak menikmati wisata alam yang ada di Sulawesi Utara seperti Pulau Bunaken, Pulau Nain, Danau Linau, Casa Baio, Pantai Paal, Pantai Surabaya, serta tour ke beberapa lokasi lainnya seperti Rumah Kreatif BUMN, Dinas Pertanian Kota Tomohon Manado Independent School, Universitas Sam Ratulangi.

Sementara itu, Danu Prijambodo selaku Direktur PT Wijaya Karya (Persero) menilai pelaksanaan SMN telah berjalan lancar dan sesuai dengan rencana, rangkaian kegiatan pun dirancang untuk mencapai tujuan yakni mengenalkan beragam budaya dan kekayaan alam Nusantara sehingga membuat mereka semakin bangga dengan negaranya. Mungkin kedepannya kegiatan ini dapat berlangsung lebih lama sehingga pengalaman yang didapatkan pun lebih banyak.

“Sebagai calon leader di masa depan, kegiatan ini dapat menjadi bekal untuk pembangunan di masa depan, dengan mengenal keanekaragaman bangsa ini diharapkan dapat meningkatkan kembali semangat gotong royong dan tenggang rasa antar masyarakat,” ujar Danu.

Salah satu perwakilan siswi dari Jawa Tengah, Grace, mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak BUMN atas terselenggaranya kegiatan SMN ini, sehingga bisa diberi kesempatan untuk mendapatkan berbagai pengalaman yang tidak terlupakan.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya dan teman-teman saya dari Jawa Tengah bisa menginjakkan kaki di Sulawesi Utara. Selain keanekaragaman budaya dan mengunjungi berbagai objek wisata, hal yang membuat saya kagum dan tidak terlupakan adalah bagaimana toleransi yang tinggi dari masyarakat Sulawesi Utara,” ungkap Grace.

Dalam acara penutupan itu, para siswa peserta SMN saling bertukar menampilkan kesenian dari daerah yang dikunjungi, para siswa asal Sulawesi Utara menampilkan tari Semarangan yang merupakan tarian tradisional Jawa Tengah.

Sebaliknya para peserta SMN asal Jawa Tengah menampilkan tarian poco-poco, tarian khas dari Sulawesi Utara.

Suasana semakin meriah karena pada momen tari poco-poco tersebut seluruh tamu undangan dan siswa/i dari Sulawesi Utara ikut menari bersama dengan siswa/i dari Jawa Tengah.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

 

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *