Home / Berita / Review PKBL Bio Farma (1) : Komitmen CSR Bio Farma

Review PKBL Bio Farma (1) : Komitmen CSR Bio Farma

Bio Farma menunjukkan komitmennya dalam kegiatan CSR dengan mengadopsi standar internasional, yaitu ISO 26000:2010 Guidance on social responsibility. Komitmen tersebut tidak terlepas dari kesadaran akan pentingnya penerapan etika perilaku bisnis dalam pengelolaan perusahaan yang diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan Budaya Perusahaan (Corporate Culture) yang baik.

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan wujud kesadaran Bio Farma sebagai upaya meningkatkan hubungannya dengan masyarakat dan lingkungannya. Kepedulian Bio Farma terhadap tanggung jawab sosial tidak terlepas pula dari kenyataan bahwa dimensi sosial memberikan pengaruh terhadap setiap aktivitas bisnis. Perusahaan percaya bahwa dimensi sosial bukan sesuatu yang terpisah melainkan berjalan beriringan untuk meningkatkan keberlanjutan proses bisnis perusahaan.

CSR adalah operasi proses bisnis Bio Farma yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, melainkan untuk pembangunan sosial ekonomi kawasan secara terintegrasi, dan berkelanjutan.

Bio Farma menerapkan tiga pendekatan utama dalam melaksanakan kegiatan CSR, yaitu Biodiversitas, Geodiversitas, dan Kulturdiversitas. Bio Farma menjaga pemuliaan untuk setiap spesies yang dikembangkan, melindungi segala bentuk keanekaragaman di sumber daya hayati, dan melestarikan segala bentuk kebudayaan warisan masyarakat.

Geo Diversity

Bio Farma sebagai pelaku industri mempunyai tanggung jawab untuk senantiasa menjaga dan melakukan pengendalian dampak aktivitas operasional terhadap lingkungan hidup. Bio Farma berkomitmen untuk menjadi green industry, dengan menjalankan proses bisnis yang ramah lingkungan, efektif dan efisien dalam penggunaan energi dan sumber daya alam secara berkelanjutan, serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

Bio Diversity

Kami melakukan berbagai program pelestarian alam seperti penanaman pohon di daearah yang rawan bencana, pembuatan sumur resapan, konservasi tanah dan mata air, yang kesemuanya bertujuan sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati. Secara berkelanjutan. Bio Farma sangat intens melakukan konservasi plasma nutfah seperti pemuliaan tanaman bawang merah, pemuliaan domba garut, pemuliaan bunga kol dan produk hortikultura lainnya. Tahun depan, kami berencana untuk ikut terlibat dalam program perlindungan primata seperti Orang Utan, Lutung, Kera Ekor Panjang, dan Owa Jawa di pusat perlindungan satwa Cikananga.

Cultural Diversity

Cultural-Diversity (keanekaragaman budaya) melalui aktivitas mempertahankan keanekaragaman budaya dan kearifan lokal. Biofarma senantiasa mendukung program-program dan menjaga keragaman budaya di lingkup Biofarma maupun lingkup luar dengan beragam kegiatan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Sumber Bio Farma edit koranbumn

Check Also

Edukasi Masyarakat Peduli Kebutuhan Hari Tua, BRI Tawarkan DPLK

Belum banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan finansialnya di masa mendatang, terutama kebutuhan di hari tua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *