Home / Berita / Review PKBL BNI (4/4) : KAMI Bersama BNI

Review PKBL BNI (4/4) : KAMI Bersama BNI

Keluarga Migran Indonesia (KAMI) Bersama BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) meresmikan Program KAMI bersama BNI yang ditandai dengan peresmian oleh Menteri ESDM, Ibu Rini Soemarno, Dirut BNI Bapak Achmad Baiquni, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Bapak I Gusti Ngurah Swajaya. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan keterampilan dan aktivitas kemandirian TKI atau pekerja migran di luar negeri.

Pada kesempatan ini BNI juga memberikan beasiswa kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di Singapura. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk program keterampilan nonformal senilai Sin$ 10.000, dan diberikan kepada 100 orang TKI. Serta untuk TKI yang mengikuti program caregiver (perawat orang tua/manula) diberikan beasiswa senilai Sin$ 11.500 untuk 46 orang peserta. Bantuan peralatan pelatihan kewirausahaan juga disediakan oleh BNI berupa tujuh unit komputer, tujuh mesin jahit, tujuh mesin obras, dan 10 set peralatan salon yang nilainya mencapai Sin$ 21.800.

Program beasiswa tersebut adalah hasil kerja sama BNI dengan Sekolah Indonesia Singapura dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Tujuan pemberian beasiswa ini adalah sebagai salah satu wujud keseriusan BNI dalam mendukung program pemberdayaan TKI sebelum pulang ke Indonesia. Penyerahan beasiswa dan bantuan peralatan tersebut berlangsung di acara peresmian Program KAMI bersama BNI yang berlokasi di City Plaza Remittance Center, Singapura, pada tanggal 17 Februari 2016.

Selain itu BNI juga menyelenggarakan program edukasi keuangan dan perbankan bekerja sama dengan institusi pemerintah seperti Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia (BI), dengan sasaran utama para TKI yang masih bertugas di luar negeri.

Sebagai bentuk apresiasi dan komitmen sosial, BNI juga memiliki berbagai program pemberdayaan TKI dan keluarga TKI yang dilaksanakan di dalam dan luar negeri. BNI telah mendirikan rumah edukasi TKI yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat, dengan fasilitas antara lain perpustakaan, komputer berfasilitas intenet gratis, serta kursus bahasa asing. Melalui rumah edukasi TKI tersebut, diharapka TKI dan keluarganya akan memiliki keterampilan yang memadai, sehingga dapat memenuhi persyaratan keterampilan yang diperlukan di negara tujuan penempatan TKI. Komitmen BNI kepada keluarga TKI juga diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan program-program rutin seperti Pasar Murah BNI Rejeki Ramadan dan BNI Pasar Murah Kado Natal. Program rutin yang merupakan corporate social responsibility (CSR) BNI tersebut dikhususkan bagi keluarga TKI di beberapa daerah di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. (FTR/INT)

Lanjutan Baca di category/berita

Sumber BNI

Check Also

Freeport Indonesia Terus Garap Proyek Tambang Bawah Tanah dan Smelter

PT Freeport Indonesia terus menggarap proyek tambang bawah tanah sebagai bagian dari masa transisi tambang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *