Home / PKBL / Review: PKBL Garuda Indonesia

Review: PKBL Garuda Indonesia

Program Pembinaan Masyarakat (Community Development) Garuda Indonesia adalah wujud kepedulian dan komitmen perusahaan untuk membantu memperbaiki kondisi dan membina masyarakat melalui bantuan pada sektor-sektor berikut:

I. Pendidikan, Pelatihan dan Olahraga

1. Program profesi Airline Business, Airport Passenger Service & Flight Operation Officer

Bekerjasama dengan Garuda Indonesia Training Center, Garuda Indonesia memberikan pelatihan bagi lulusan SMA/SMK berprestasi yang berasal dari kalangan masyarakat tidak mampu khususnya di daerah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Indonesia Timur. Siswa-siswi yang telah menyelesaikan program ini akan siap memasuki dunia kerja dan beberapa di antara lulusan program bekerja di Garuda Indonesia.

2. Program Menjadi Indonesia
Melalui kerjasama dengan Tempo dan General Electric (GE), Garuda Indonesia menggelar pelatihan metode penulisan serta kompetisi essai bagi mahasiswa. Tujuan program ini adalah menanamkan nasionalisme pada diri mahasiswa melalui media tulisan.

3. Program Guru Terbang Bersama Garuda Indonesia dan Program Bantuan Peningkatan Kualitas Guru

Program Guru Terbang Bersama Garuda indonesia bertujuan menambah wawasan dan membekali ilmu para guru yang berasal dari Aceh, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Salah satunya adalah program Kerjasama Pelatihan Untuk Guru Wilayah Surabaya dan Aceh dengan materi “Active Learning: Metode Pembelajaran Aktif yang Berpusat pada Murid” untuk meningkatkan kompetensi guru terutama dalam melaksanakan pembelajaran efektif untuk memaksimalkan daya serap para murid.

4. Program Renovasi Sekolah dan Bantuan Fasilitas Belajar Mengajar

Garuda Indonesia turut merenovasi Sekolah Dasar (SD) yang tidak layak digunakan di berbagai wilayah Indonesia, di antaranya di Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Papua (Biak). Demikian halnya dengan penyaluran 574.120 buku tulis daur ulang untuk murid SD di Manokwari, Biak, Pacitan, Bali, Pontianak dan Jakarta. Garuda Indonesia juga memberi bantuan alat peraga pendidikan, olah raga dan kesenian.

5. Komitmen Garuda Indonesia terhadap Olahraga Tenis melalui “Garuda Indonesia Tennis Open”

Sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mengembangkan olahraga nasional dan sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibilty (CSR), Garuda Indonesia turut mendukung dan berperan serta dalam pengembangan olahraga nasional.

Garuda Indonesia melaksanakan dukungan dalam bidang olahraga dalam bentuk pembinaan dan pengembangan berkelanjutan pada cabang olahraga tenis, dukungan terhadap kegiatan olahraga nasional, dan dukungan keikutsertaan atlet nasional dalam kegiatan – kegiatan olah raga di luar negeri.

Bentuk dukungan untuk mengembangkan olah raga tenis tersebut antara lain dilaksanakan melalui penyelenggaraan turnamen tenis tahunan “Garuda Indonesia Tennis Open” yang bertujuan untuk menyaring dan membina atlet muda berbakat di Indonesia hingga dapat berkembang menjadi pemain tenis yang berprestasi di kancah internasional. Turnamen tersebut sebelumnya dikenal sebagai “Garuda Indonesia Tennis Master” dan telah dilaksanakan sejak tahun 2008.

Melalui “Garuda Indonesia Tennis Open”, Garuda Indonesia membuka kesempatan bagi pemain internasional untuk berpartisipasi. Peserta “Garuda Indonesia Tennis Open” terdiri dari 32 petenis putra dan 16 petenis putri yang didasarkan pada ranking “International Tennis Federation” (ITF) dan Peringkat Nasional PELTI (PNP) – berbeda dari turnamen tahun-tahun sebelumnya dimana peserta turnamen terdiri dari delapan petenis terbaik unggulan nasional berdasarkan peringkat dari ITF dan PNP.

Pada tahun ini juga, untuk pertama kalinya Garuda Indonesia melaksanakan “Garuda Indonesia Tennis Master Junior” yang diikuti oleh delapan pemain terbaik putra dan delapan pemain terbaik putri nasional berusia dibawah 16 tahun. Pemain junior tersebut berasal dari lima turnamen junior terbesar di Indonesia, yaitu “Tugu Muda”, “New Armada”, “Thamrin Cup”, “Widjojo Sudjono”, dan “Turnamen TenisFiks”. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi ajang pembinaan para pemain muda untuk menjadi pemain tenis profesional yang dapat mengharumkan nama bangsa di pentas internasional.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan pengembangan tenis, Garuda Indonesia juga memberikan dukungan bagi para pemain untuk mengikuti pertandingan mancanegara, seperti “Davis Cup” ke Taiwan, Hongkong, dan Australia. Bahkan, bagi para atlet tenis yang berprestasi, Garuda Indonesia membuka kesempatan untuk berkarya di Garuda Indonesia Group

II. Kesehatan

  1. Kepedulian terhadap Anak-anak Penderita Kanker
    Garuda Indonesia turut peduli terhadap anak-anak penderita kanker. Melalui kerjasama dengan Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAKI), Garuda Indonesia menyediakan fasilitas lengkap di rumah singgah (Rumah Kita) di Jakarta. Selain itu, Garuda dan YKAKI memberikan pembekalan perihal deteksi dini kanker anak pada dokter dan bidan Puskesmas di Indonesia.
  2. Program Garuda Indonesia Peduli Kesehatan Masyarakat
    Garuda Indonesia juga menjalankan program pengobatan gratis kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, seperti di Padang, Biak (Papua), Manokwari (Papua Barat) dan KapukMuara (Jakarta). Layanan pengobatan yang diberikan terdiri dari layanan speasialis, umum, dan gigi yang telah melayani lebihkurang 3.850 warga. Secara khusus, Garuda Indonesia juga telah memberikan penyuluhan Kesehatan Gigi dan penyuluhan Pencegahan HIV/AIDS di Biak, Papua
  3. Penyaluran bantuan alat bantu penyandang cacat
    Garuda Indonesia turut membantu pengadaan alat kesehatan bagi penyandang tuna netra berupa jam tangan braile, untuk penyandang tuna daksa berupa kursi roda,penyandang tuna rungu berupa hearing aid, dan electric talking bookuntuk penyandangtuna grahita di Jakarta. Garuda Indonesia juga menyumbangkan kaki palsu bagi penderita kanker tulang (osteo sarcoma) pada tempurung kaki.
  4. Program Penanggulangan Kanker Serviks dan HIV/AIDS
    Dalam rangka mewujudkan kepedulian Perseroan terhadap terhadap tingginya angka kejadian Kanker Serviks & HIV-AIDS di Indonesia, maka Perseroan bersinergi dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dalam Program Garuda Indonesia Peduli Kanker Serviks dan HIV-AIDS melaksanakan Program Penanggulangan Kanker Serviks, HIV & AIDS di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dan Tarakan, Kalimantan Utara.Program ini meliputi kegiatan Penyuluhan Kanker Serviks, HIV & AIDS kepada masyarakat Tanjung Pinang (1.500 Puskesmas) dan Tarakan (220 Puskesmas), Pelatihan Pap Smear & IVA bagi tenaga kesehatan yaitu Dokter Umum sebanyak 40 orang dan bidan sebanyak 40 orang dan Pelayanan Pap Smear & IVA bagi masyarakat khususnya pasangan usia subur untuk 350 orang serta bantuan rujukan sebanyak 2 orang dan bantuan pengobatan sebanyak 2 orang pada setiap provinsi bagi penderita kanker serviks yang positif terdeteksi dan terapi IVA Positif sebanyak 20 orang. Garuda juga memberikan bantuan alat Krioterapi sebanyak 2 buah yang ditempatkan di cabang YKI Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dan Tarakan, Kalimantan Utara.Sejak tahun 2013, selain di Tanjung Pinang dan Tarakan, Garuda dan YKI telah melaksanakan program serupa di Jayapura, Ambonm Mnado dan Jakarta. Di tahun 2017 ini, Garuda dan YKI akan melaksanakan program ini di Kupang dan Palembang.

III. Prasarana dan Sarana Umum serta Sarana Ibadah

Untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana umum di bawah kondisi layak pakai, Garuda Indonesia memberikan bantuan perbaikan maupun pembangunan. Garuda Indonesia juga telah membantu perbaikan sarana ibadah di beberapa wilayah di Indonesia seperti di NTB, Bali, Sumatera Barat, Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

IV. Bencana Alam

Garuda Indonesia menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam di seluruh Indonesia melalu pemberian bantuan yang biasanya berupa sandang, pangan dan kesehatan (medis).

Selain itu, Garuda Indonesia juga turut membantu korban bencana di luar negeri, salah satunya para korban gempa dan tsunami yang melanda Jepang pada tahun 2011 silam. Garuda Indonesia membantu mengangkut bantuan kebutuhan sehari-hari seperti paket lauk pauk, makanan bergizi, selimut dan air kemasan melalui penerbangan kargo secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, Garuda juga membantu pengangkutan batu baterai dari Panasonic ke Jepang untuk korban gempa yang mengalami krisis listrik.

V. BUMN Hadir Untuk Negeri

Dalam rangka memperingati 71 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Perseroan dan seluruh BUMN melaksanakan serangkaian program “BUMN Hadir Untuk Negeri” atau “BUMN Hadir” secara serentak di 34 provinsi. Pada tahun 2016, Perseroan dipercaya untuk menjadi PIC program “BUMN Hadir” di Sulawesi Barat, didampingi oleh IndonesiaRe dan LKBN Antara sebagai Co-PIC.

Tujuan dari program “BUMN Hadir” adalah meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan di Sulawesi Barat melalui program-program yang menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, yakni bidang pendidikan, kesehatan, prasarana dan sarana umum, serta sarana ibadah. Sasaran dari program ini adalah masyarakat dan lingkungan di wilayah Sulawesi Barat secara umum, khususnya masyarakat veteran, masyarakat mantan atlet dan narapidana, siswa/i sekolah dan institusi pendidikan, serta masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan dan program yang dilaksanakan selama periode pelaksanaan “BUMN Hadir” di Sulawesi Barat adalah sebagai berikut:

a. Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI 17 Agustus 2016
Peringatan HUT RI di Sulawesi Barat meliputi rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh BUMN yang berada di Mamuju, Sulawesi Barat dan kalangan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain upacara peringatan, kegiatan lomba untuk anak-anak dan dewasa, dan pemutaran ilm untuk masyarakat.

b. Program Pertukaran Pelajar “Siswa Mengenal Nusantara” (“SMN”)
Program “SMN” merupakan bentukupaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa melalui pertukaran pelajar dari satu provinsi ke provinsi lainnya. Siswa dapat mengenal lebih jauh keragaman budaya, sosial ekonomi dan pendidikan di daerah lain serta mengetahui peran-peran BUMN dalam membangun daerah.

Pada tahun 2016, Garuda melakukan pertukaran antara siswa SMU yang berasal dari Sulawesi Barat dan Sumatera Utara. Terdapat 19 siswa Sulawesi Barat dan 20 siswa Sumatera Utara siswa yang dikirim dan diterima dalam program ini beserta pendamping siswa yang terdiri dari guru teladan dan Dinas Pendidikan setempat. Dalam pelaksanaan program ini, Perseroan dan Co-PIC bekerja sama dengan PIC “BUMN Hadir” di Sumatera Utara yaitu PT Inalum.

c. Pembinaan dan pelatihan mantan atlet dan mantan narapidana
Program Pembinaan dan Pelatihan Mantan Atlet dan Mantan Narapidana dilaksanakan
sebagai upaya memberikan keterampilan dan meningkatkan taraf hidup bagi eks-narapidana ketika mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki mantan atlet sebagai bentuk kepedulian kepada atlet yang telah berprestasi di tingkat nasional.

d. Program Bedah Rumah Veteran (“BRV”)
Dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap veteran-veteran RI di Sulawesi Barat yang telah membela negara dalam berbagai medan peperangan, Perseroan melaksanakan program “BRV” terhadap rumah-rumah veteran RI di Sulawesi Barat sebanyak 40 rumah dengan detail pembangunan meliputi di antaranya perbaikan atap dengan standar
yang layak, perbaikan lantai, perbaikan sarana MCK, pengecatan dinding, perbaikan ventilasi serta renovasi ruangan dapur, kamar tidur dan ruang tamu/keluarga. Dalam pelaksanaannya, Perseroan dan Co-PIC bekerja sama dengan Komando Distrik Militer 1418 wilayah Mamuju, Sulawesi Barat.

e. Pembangunan sarana air bersih
Sulitnya akses untuk air bersih di Kabupaten Mamuju, Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar terutama bagi rumah tangga miskin pada saat musim kemarau menjadi dasar pelaksanaan program pembangunan sarana air bersih di tiga Kabupaten tersebut.
Perseroan dan Co-PIC membangun sumur dan peralatan sumur bor dengan kedalaman yang menyesuaikan dengan lokasi sumber air di masing-masing titik serta pemasangan pipa untuk mengalirkan air dari sumur ke lokasi MCK yang dibangun di sekitarnya.

f. Pembangunan MCK (Mandi Cuci Kakus)
Sulawesi Barat sebagai provinsi yang masih terbilang muda, masih terdapat beberapa daerah yang belum memiliki sarana sanitasi yang baik. Oleh sebab itu, Perseroan memberikan bantuan sebanyak 48 buah MCK yang tersebar di seluruh provinsi.

g. Elektriikasi rumah tangga kategori miskin
Selain bantuan pembangunan MCK, Perseroan juga memberikan bantuan elektriikasi sebanyak 180 rumah yang belum teraliri listrik di empat kabupaten yaitu Mamuju, Polewali Mandar, Majene dan Mamasa. Di Sulawesi Barat masih terdapat dua kabupaten yang tidak dapat diberikan bantuan karena masih kurang daya yang disediakan oleh PLN di wilayah tersebut.

h. Pembangunan Tempat Penitipan Anak (TPA) dipasar
Pembangunan TPA di Pasar Baru, Mamuju, Sulawesi Barat dilaksanakan sebagai upaya memudahkan para pedagang yang memiliki anak usia belia ketika mereka berjualan di pasar setiap harinya untuk dapat menitipkan anaknya. TPA ini dilengkapi dengan fasilitas permainan anak, pojok menyusui, kamar mandi dan toilet, dan pendingin ruangan.

i. Jalan sehat 5 KM
Jalan sehat 5 KM dilaksanakan di Anjungan Manakara di Mamuju, Sulawesi Barat yang diikuti oleh 5.000 orang peserta yangberasal dari kalangan masyarakat umum, pemerintahan daerah serta karyawan BUMN. Peserta juga diberikan juga diberikan konsumsi dan diberikan kesempatan mengikuti undian door prize.

Dikutip dari Situs Web Garuda Indonesia

Check Also

Pelatihan untuk Penggiat Rumah Kreatif BUMN Pertamina

Dalam upaya mendukung dan mendorong kemandirian pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pertamina mengadakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *