Home / PKBL / Review: PKBL Pupuk Kujang

Review: PKBL Pupuk Kujang

Program Kemitraan yang dilaksanakan Pupuk Kujang adalah bentuk pemberdayaan melalui fasilitasi kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat. Penerima fasilitas pinjaman yang disebut mitra binaan dapat memperoleh manfaat dari program kemitraan untuk mengembangkan usaha yang dilakukannya, sehingga dapat mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Tujuan program kemitraan adalah menciptakan pemerataan pendapatan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, juga turut serta dalam meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri. Lebih jauh lagi dengan semakin meningkatkan perekenomian lokal maka akan dapat mengurangi tingkat kesenjangan di tengah-tengah masyarakat.

Penyaluran Pinjaman Dana Program Kemitraan Kepada Kelompok Tani Mitra Binaan PKBL Pupuk Kujang juga dilaksanakan dalam rangka mendukung Gerakan Peningkatan Produktivitas Pangan berbasis Korporasi (GP3K) yang digulirkan Pemerintah sejak tahun 2013.

Pendanaan untuk program ini diperoleh dari dana bergulir dari perputaran pinjaman yang telah ada. Sebelumnya di tahun 2014, dana untuk program kemitraan diperoleh dari alokasi laba perusahaan maksimum sebesar 2%, sejalan dengan keluarnya keputusan baru dari Menteri BUMN, maka tidak ada lagi penyisihan keuntungan untuk fasilitas kredit bergulir baru.

Dana Program Kemitraan disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk dana pinjaman bergulir dan dana pembinaan. Dana bergulir sebagaimana dana pinjaman, harus dikembalikan kepada Pupuk Kujang untuk dipinjamkan kepada Mitra Binaan lainnya yang membutuhkan. Sedangkan dana pembinaan bersifat hibah, yang dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan promosi dan pengembangan Mitra Binaan.

Pinjaman bergulir yang diberikan kepada Mitra Binaan kelompok tani merupakan pinjaman berbunga rendah sebesar 6% setahun atau 0,5% per bulan dan suku bunga tetap. Dengan adanya Program Kemitraan ini, petani kecil dapat terhindar dari pinjaman berbunga tinggi dari tengkulak atau terpaksa menjual hasil pertaniannya dengan harga rendah kepada pengijon, sehingga pendapatan riil petani menjadi lebih baik.

Penyaluran Pinjaman Dana Program Kemitraan pada tahun 2015 kepada Kelompok Tani Mitra Binaan PKBL yang berada di 13 Kecamatan di Kabupaten Karawang. Penyaluran dana pinjaman untuk tahun 2015 adalah sebesar Rp29.791.600.000 (dua puluh sembilan miliar tujuh ratus sembilan puluh satu juta enam ratus ribu Rupiah), kepada sebayak 164 (seratus enam puluh empat) Mitra Binaan yaitu 159 Kelompok Tani, seluas 8.069 (delapan ribu enam puluh sembilan) hektar dengan total penyaluran dana sebesar Rp29.521.000.000 dan 5 Mitra Binaan UKM dengan total penyaluran dana sebesar Rp270.600.000.

Sebagai upaya PT Pupuk Kujang dalam mendukung ketahanan pangan nasional, telah dilakukan berbagai pembinaan kepada Kelompok Tani melalui Sosialisasi pola tanam pupuk majemuk NPK Kujang. Selain itu kegiatan pembinaan lainnya yaitu terhadap usaha mikro dan UKM melalui keikutsertaan dalam pameran-pameran nasional seperti Crafina

Program Bina Lingkungan

Program Bina Lingkungan merupakan bagian dari interaksi Pupuk Kujang dengan masyarakat sekitar yang memiliki tujuan utama untuk membentuk hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat di sekitar lokasi operasi Perusahaan.

Pupuk Kujang membina hubungan dengan tokoh masyarakat, lembaga non profit, lembaga kepemudaan, tokoh agama dan Alim Ulama, Muspida dan pemangku kepentingan lainnya di sekitar Perusahaan. Hubungan dengan pemangku kepentingan ini dilembagakan dalam pelaksanaan program-program pendidikan yang menjadi fokus kegiatan Bina Lingkungan Pupuk Kujang.

Program Bina Lingkungan PT Pupuk Kujang mengutamakan wilayah di sekitar area operasional PT Pupuk Kujang dalam bentuk
1. Bantuan korban Bencana Alam
2. Bantuan Pendidikan & Pelatihan
3. Bantuan Peningkatan Kesehatan
4. Bantuan Pengembangan Prasarana dan atau sarana umum
5. Bantuan Sarana Ibadah
6. Bantuan Pelestarian Alam
7. Bantuan Sosial Kemasyarakatan dalam rangka Pengentasan Kemiskinan
8. Bantuan Pendidikan, Pelatihan, Pemagangan, Pemasaran, Promosi dan bentuk bantuan lain yang terkait dengan upaya peningkatan kapasitas Mitra binaan Program Kemitraan.

Wujud PKBL Pupuk Kujang salah satunya bersinergi dan menandatangani kesepakatan dengan Pertamina pada tanggal 29 Desember 2017 untuk memberikan bantuan pembiayaan pertanian di Jawa Barat sebanyak 11 kelompok tabi dari kecamatan Banyusari, Tempuran dan Tegalwaru.

Bantuan pembiayaan dalam bentuk pinjaman lunak selama 6 bulan sebagai modal budidaya padi kepada poktan di wailayah Karawang, digagas PT Pertamina tersebut menggandeng Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pupuk Kujang sebagai pelaksana utama program.

Manager PKBL PT Pupuk Kujang Ervi Bukti Bakti, menyampaikan bantuan tersebut merupakan bantuan tahap pertama yang akan direalisasikan bersama dengan PT Pertamina. pada 29 Desember 2017
“Akad pinjaman ini merupakan tahap pertama dan bila berjalan lancar akan dilanjutkan dengan jumlah penerima yang semakin banyak dengan potensi dana hingga 800 miliar rupiah untuk poktan wilayah Jawa Barat & Banten khususnya”, ujar Ervi.

Ervi juga menambahkan, langkah awal ini dilakukan di area lahan yang dikelola penerima pinjaman mencapai 81 Ha yang tersebar di 3 kecamatan, dengan dana yang dikucurkan mencapai 1,2 miliar.

Dalam program ini PKBL PT Pupuk Kujang selaku pelaksana program bertanggung jawab dalam memberikan dukungan teknis budidaya, mulai dari pembibitan, pemupukan, pemeliharaan hingga panen.

“Program CSR ini, nantinya akan kami bantu untuk biaya modal tanam dari Pertamina & pendampingan budidaya dari ekspertis Pupuk Kujang, tidak lupa juga selama penanaman produk yang digunakan tentunya menggunakan produk unggulan ritel Pupuk Kujang diantaranya NPK 30-6-8, Bion-Up & excow” tambah Ervi.

Sumber Situs Web Pupuk Kujang

koranbumn01

Check Also

Pelatihan untuk Penggiat Rumah Kreatif BUMN Pertamina

Dalam upaya mendukung dan mendorong kemandirian pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pertamina mengadakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *