Home / Anak Perusahaan / RMU Raih Sertifikat Halal MUI untuk Makanan yang Dijual di Restoring Kereta Api

RMU Raih Sertifikat Halal MUI untuk Makanan yang Dijual di Restoring Kereta Api

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) telah memberikan sertifikat halal untuk makanan yang dijual di restoring kereta api kepada anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu PT Reska Multi Usaha pada Kamis (28/11/2019).

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Wakil Direktur LPPOM MUI, Muti Arintawati kepada Vice President Business Development Agung Wahyu Wibawanto and Production PT RMU di Gedung Global Halal Centre, Bogor, Jawa Barat.

Anak usaha dari KAI tersebut merupakan perusahaan yang berfokus pada salah satunya yaitu pengelolaan dan pelayanan makanan & minuman pada setiap perjalanan kereta api. Sampai saat ini tercatat sekitar 200 menu dan 9 dapur produksi di 9 wilayah sudah bersertifikat halal.

Agung Wahyu mengungkapkan, bahwa pengajuan sertifikasi halal untuk PT Reska Multi Usaha dilakukan sejak tahun 2017. Pada proses pembuatan sertifikasi halal tersebut membentuk tim khusus, yaitu Komite Halal Internal, sehingga proses sertifikasi dapat terselesaikan dengan baik.

Hal tersebut juga menjadi pencapaian baru bagi PT RMU.

“Proses sertifikasi halal ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi kami. Dari sana, kami mendapatkan saran untuk mengatur dapur kami menjadi lebih baik lagi. Yang terpenting, kami sudah mulai memahami teknis implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH),” ujar Agung.

Muti Arintawati  memberikan ucapan selamat atas keberhasilan PT Reska Multi Usaha untuk mendapatkan sertifikat halal resto on train.

Ia mengungkapkan bahwa hal ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Beliau berharap agar PT RMU tetap menjaga dengan kerja keras bahwa apa yang sudah didapat adalah amanah.

Semoga dengan adanya sertifikat halal ini semua penumpang bisa mendapatkan hal-hal yang baik.

“Bagi kami, ini suatu hal yang baru. Karena selama ini kami belum pernah mensertifikasi dapur yang ada di kereta. Artinya, bisnis proses di perusahaan ini pun kita butuh waktu untuk memahaminya,” ungkapnya.

PT Reska Multi Usaha juga memiliki 13 kafe yang ada di Indonesia, yang bernama Loko Cafe. Kafe tersebut menjadi target selanjutnya bagi PT RMU untuk membuat sertifikasi halal, sehingga semua pengunjung yang membutuhkan kepastian akan hal itu menjadi tidak ragu lagi untuk membeli produk-produk PT Reksa Multi Usa

Sumber KAI, edit koranbumn

Check Also

Kerja Sama Kementerian ATR/BPN bersama PTPN III, Terkait Pendaftaran Tanah dan Penyelesaian Aset Tanah PTPN Grup

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil bersama Plt. Direktur Utama PTPN III …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *