Home / Berita / RUPS LB Setujui Suprajarto Gantikan Maryono Jadi Dirut Bank BTN

RUPS LB Setujui Suprajarto Gantikan Maryono Jadi Dirut Bank BTN

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN)  pada Kamis siang ini (29/8/2019) akhirnya resmi merombak jajaran direksi perusahaan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono diganti oleh Suprajarto, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Maryono menjabat Direktur Utama Bank BTN sejak Desember 2012. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mutiara yang berhasil ia bawa keluar dari kondisi Bank Tidak Sehat menjadi Bank Sehat hanya dalam waktu 1 tahun dan keluar dari status Bank Dalam Pengawasan Khusus menjadi Bank Dalam Pengawasan Normal dalam 2,5 tahun.

Pria kelahiran Rembang 16 September 1955 ini dikenal sebagai salah satu tokoh perbankan nasional.

Suprajarto adalah Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sejak 2017. Sebelumnya dia menjabat Wakil Direktur Utama PT BNI (Persero) Tbk. (2015 – 2017) dan Direktur Bidang Jaringan dan Layanan, PT. BRI (Persero) Tbk. (2007 – 2015).

RUPSLB Bank BTN akan digelar pada Kamis ini pukul 14.00 WIB bertempat di Gedung Menara Bank BTN. Ada tiga agenda dalam RUPSLB bank yang fokus pada kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi ini.

Agenda pertama yakni evaluasi kinerja perseroan sampai dengan semester I-2019, agenda kedua yakni rencana pembelian saham perusahaan modal ventura secara bertahap. Agenda ketiga yakni pergantian susunan pengurus perusahaan.

“Mata acara ini merupakan usulan dari pemegang saham Seri A Dwiwarna berdasarkan surat Menteri BUMN Nomor S-727/MBU/S/07/2019 tanggal 09 Juli 2019 perihal Permintaan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa,” tulis pengumuman manajemen Bank BTN di laman Bursa Efek Indonesia, 7 Agustus silam.

Agenda ketiga sempat menjadi polemik. Pasalnya pergantian pengurus tersebut merupakan usulan dari Menteri BUMN Rini Soemarno.

Di publik, rencana ini mendapat banyak kritikan mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menitahkan kepada jajarannya untuk tidak mengambil kebijakan strategis sebelum pelantikan Presiden-Wakil Presiden Oktober mendatang.

Sumber CNBC, edit koranbumn

Check Also

INALUM Gelar Customer Gathering di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

INALUM kembali melaksanakan kegiatan temu ramah dengan pelanggan Aluminium (Customer Gathering) di Ritz Carlton Pacific …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *