Home / Berita / Safari Ramadan Direktur Mas’ud Khamid, Ingatkan Tugas Penting Korporasi 4A+1S

Safari Ramadan Direktur Mas’ud Khamid, Ingatkan Tugas Penting Korporasi 4A+1S

Safari Ramadan tahun ini dimanfaatkan oleh Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid untuk memaparkan tentang lima tugas penting BUMN ini dalam mengemban tugas sebagai pengelola energi nasional.

Di hadapan GM MOR V Jatim Balinus Werry Prayogi, Pimpinan Redaksi Jawa Pos Abdul Rokhim, Pimpinan Redaksi Tribunnews Tri Mulyono dan Pimpinan Redaksi Vivanews Maryadi, serta pekerja MOR V, Mas’ud Khamid menekankan bahwa seluruh insan Pertamina harus memahami lima tugas penting perusahaan ini dalam mengemban amanat negara.

“Sesuai UU Energi No. 30 tahun 2007, lima tugas penting tersebut yaitu, availability, accesibility, affordability, acceptability, dan sustainability atau yang biasa kita singkat 4A + 1S,” ujarnya saat menjelang buka puasa bersama di Kantor MOR V Surabaya, pada Senin (20/5/2019).

Maas’ud memaparkan, Pertamina harus mampu menjamin ketersediaan (availability) energi dalam negeri baik dari sumber dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, dalam aspek accessibility, Pertamina harus mampu membangun infrastruktur energi untuk daerah belum berkembang sehingga dapat mengurangi disparitas antar daerah. Sedangkan affordability adalah tercapainya peningkatan akses masyarakat yang tidak mampu/tinggal di daerah terpencil untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata.

“Selain ketiga aspek tersebut, Pertamina juga berkewajiban menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup dalam aspek acceptability. Dengan demikian, keberlanjutan (sustainability) pengelolaan sumber daya energi secara optimal dan terpadu dapat terwujud,” imbuhnya.

Selain itu, Mas’ud Khamid juga menekankan pentingnya collaboration (kerja sama) sebagai bagian penting dalam Corporate Culture yang tak boleh dikesampingkan.

Pemaparan yang disampaikan diapresiasi oleh GM MOR V Jatim Balinus Werry Prayogi. “Arahan Direktur Pemasaran Retail kali ini diharapkan dapat memberi semangat untuk para pekerja agar semakin bisa meningkatkan kinerjanya, terutama untuk tetap memberikan kontribusi terbaik di masa Ramadhan dan Idul Fitri 2019 ini,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu pekerja MOR V, Adam Kusuma. “Pemaparan Pak Mas’ud Khamid memberikan pencerahan kepada kami para pekerja untuk senantiasa mengingat tugas penting BUMN ini sebagainpengelola energi nasional. Kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Perum Perindo Aktif Ciptakan Terobosan di Keramba Jaring Apung Bali

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *