Home / Berita / Sambut Asian Games 2018, ASDP Siapkan Layanan Kapal Eksekutif di Merak-Bakauheni

Sambut Asian Games 2018, ASDP Siapkan Layanan Kapal Eksekutif di Merak-Bakauheni

Dalam rangka menyambut dan menyukseskan perhelatan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengoptimalkan layanan kapal dan penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni, sehingga memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pengguna jasa selama perjalanan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, lintasan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatera diperkirakan akan meningkat trafiknya selama pelaksanaan Asian Games. Karenanya, ASDP akan mengoptimalkan layanan kapal dan dermaga untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasanya,” tutur Ira, Rabu (8/8).

Menurut Ira, dengan penyelenggaraan Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, tentu dibutuhkan sarana dan prasarana transportasi ferry sebagai penghubung pulau Jawa dan Sumatera yang dapat diandalkan, khususnya dalam mendukung mobilitas para peserta maupun warga masyarakat yang ingin menyaksikan langsung ragam pertandingan Asian Games di Jakarta maupun Palembang.

Salah satu yang dilakukan adalah ASDP adalah menghadirkan layanan kapal eksekutif yang ditargetkan dapat menempuh lintasan Merak-Bakauheni dengan waktu berlayar selama 1 jam.

Selanjutnya, manajemen “menyulap” interior sejumlah kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni diantaranya, KMP Sebuku, KMP Batumandi, KMP Portlink dan KMP Portlink III menjadi kapal yang memiliki nuansa berbeda dengan kapal ferry pada umumnya, baik dari segi fasilitas maupun kenyamanan yang lebih baik sehingga membuat pengguna jasa merasa lebih aman, nyaman dan menyenangkan selama berada di atas kapal.

Upaya rejuvinasi (peremajaan) yang dilakukan di kapal ASDP yang beroperasi di Merak-Bakauheni menjadikan tampilan interior baru yang membuat suasana menjadi lebih hangat, homey memberikan spirit yang berbeda. Kini seluruh ruangan penumpang di atas kapal tidak hanya dilengkapi dengan AC (air conditioner), tetapi juga menyediakan kursi penumpang dengan layout dan kualitas yang baik sehingga pengguna jasa merasa nyaman selama perjalanan.

Selain itu, fasilitas yang disediakan di kapal eksekutif juga semakin lengkap dan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari Cafetaria hingga ruang bermain untuk anak. Satu hal menarik dan belum pernah ada di kapal-kapal lainnya yang beroperasi di Merak-Bakauheni, interior ruangan kapal milik ASDP dilengkapi dengan karya fotografi, seni mural serta seni instalasi yang sangat indah dan menjadikannya sebagai objek swafoto yang menarik. Tentu hal ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih berkesan bagi para pengguna jasa penyeberangan di atas kapal ASDP.

Seni mural dan instalasi serta fotografi yang dapat dinikmati di atas kapal-kapal ASDP di lintasan Merak-Bakauheni merupakan karya para seniman ruang rupa yang terkenal di Tanah Air, diantaranya Saleh Husein dengan karyanya Ancient Bahari, Muhammad Taufik dengan karyanya Perjalanan Pantai Utara, Arif Rahman dengan karyanya Trilogis dan The Popo dalam Klan Jembatan serta The Monster Journey oleh Puteri.

Sementara itu, ASDP saat ini juga tengah membangun terminal eksekutif yang diharapkan nantinya dapat lebih memanjakan para penumpang ferry yang akan menyeberang dari Merak ke Bakauheni. Adapun untuk dermaga VI Pelabuhan Merak yang akan menjadi dermaga eksekutif telah siap 100 persen.

Sesuai dengan masterplan, terminal eksekutif akan dibangun di Merak dan Bakauheni berkonsep modern, yang diharapkan dapat menunjang sektor pariwisata. Di dalam terminal ini akan menghadirkan layanan hotel, restoran, retail, perkantoran, dan area komersial dengan desain interior yang megah dan akan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

“Saat ini kita masih menunggu pembangunan terminal eksekutif yang akan dioperasikan bertahap, ” kata Ira.

Sumber Situs Web ASDP

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *