Home / Berita / Sekilas Tahapan Pembuatan Jalan Tol oleh Adhi Karya pada Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar

Sekilas Tahapan Pembuatan Jalan Tol oleh Adhi Karya pada Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar

Saat ini Adhi Karya sedang melakukan pembangunan Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, terdapat pekerjaan yang dinamakan pekerjaan rigid. Pekerjaan rigid menjadi salah satu pekerjaan utama pada proyek ini. ADHI menggunakan alat “power paver” atau alat berat yang digunakan pada proyek pembangunan jalan.

Sebelum menggunakan power paver, tahap yang harus dilakukan pertama kali adalah perkerasan beton. Tahap tersebut terdiri dari pengukuran dan penyetelan stringline sebagai panduan utama untuk arah dan elevasi sepanjang rencana produksi perkerasan.

Selanjutnya, persiapan menggunakan power paver, umumnya alat berat ini sudah disetting dengan lebar dan ketebalan tertentu sehingga ketika berjalan tetap konsisten dengan menghasilkan lebar dan tebal yang sama. Setelah itu, dilakukan pemasangan dowel, yang merupakan batang baja polos sebagai penyambung pada perkerasan jalan tipe rigid.

Kemudiaan, dilakukan dumping beton FS 45, pemadatan slipform dengan paver, pemasangan tie bar yang berfungsi untuk mengunci pergerakan pelat beton, sehingga pelat tidak bergerak secara horisontal.

Setelah itu, menyelesaikan tahap pengerjaan perkerasan, grooving atau pemberian tekstur pada permukaan beton, penyemprotan curing compound yang mana untuk melindungi beton dari retak rambut akibat cepatnya susut beton, lalu penutupan dengan tenda pelindung dan pemotongan beton maksimal setelah 12 jam pekerjaan dan aplikasi join sealent sebagai sambungan jalan beton.

Sumber In Adhi Karya

Check Also

Pemerintah Dorong Wujudkan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia

Sejalan dengan rencana pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia pada tahun depan, beragam terobosan mesti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *