Home / Berita / Selamatan Masa Giling Pabrik Gula Rendeng Milik PTPN IX di Tahun 2019

Selamatan Masa Giling Pabrik Gula Rendeng Milik PTPN IX di Tahun 2019

Pabrik Gula (PG) Rendeng milik PT Perkebunan Nusantara IX mulai melakukan masa gilingnya di tahun 2019. Untuk menandai dimulainya masa giling, pada hari Selasa, 21 Mei 2019, PTPN IX menggelar Prosesi Dan Resepsi Selamatan Giling Pabrik Gula Rendeng tahun 2019 dengan mengusung tema “Bersama Mitra Satu Semangat Untuk Bangkit”

Pada acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kudus – Muhamad Tamzil, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kudus – Yuli Kasiyanto, Camat Kota, Kapolsek Kecamatan Kota serta tamu undangan yang lainnya.

Prosesi Tebu Temanten mengawali pembukaan selamatan giling PG Rendeng dengan arak – arakan tebu temanten yang diserahkan kepada PG Rendeng untuk kemudian dimasukkan ke dalam mesin penggilingan.

Momentum ini dimanfaatkan sebagai upaya memaksimalkan potensi yang dimiliki Pabrik Gula Rendeng dalam meraih prestasi, dengan sinergi, integritas dan profesionalisme.

Meskipun PG Rendeng saat ini sedang dalam tahap revitalisasi, yang telah mencapai 90% pengerjaan, akan tetapi PG Rendeng tetap memaksimalkan giling tebu.Seperti yang dikatakan Direktur Utama PTPN IX, Iriyanto Hutagaol, PG Rendeng akan menargetkan tingkat produksi gula sebanyak 12.700 ton. Dengan memaksimalkan luas lahan yang mencapai 2.265 hektar, Iriyanto Hutagaol kembali mengatakan bahwa “Jumlah tebu yang ditargetkan digiling tahun ini Sebanyak 170.000 ton tebu”.

Dengan adanya revitalisasi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas sehingga akan mendapatkan keuntungan yang besar atau mendorong multiplier effect yang akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi para petani tebu rakyat diwiilayah kudus dan sekitarnya

Sumber PTPN IX, edit koranbumn

Check Also

Perum Perindo Aktif Ciptakan Terobosan di Keramba Jaring Apung Bali

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *