Home / Berita / Semen Indonesia Berpeluang Tingkatkan Ekspor Pasca Akuisisi Holcim Indonesia

Semen Indonesia Berpeluang Tingkatkan Ekspor Pasca Akuisisi Holcim Indonesia

PT Semen Indonesia Tbk  melihat peluang besar untuk menggerek ekspor pasca mengakuisisi PT Holcim Indonesia Tbk  yang bersalin nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk lewat anak usaha SMGR yakni PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) pada Januari 2019 lalu.

Perubahan nama tersebut dilakukan pasca Semen Indonesia mengakuisisi PT Holcim Indonesia Tbk.

Tujuan perubahan nama ini adalah salah satunya karena melihat potensi untuk mengerek penjualan ekspornya. Meski SMGR melihat pangsa pasar domestik masih menjanjikan, tapi kesempatan untuk meningkatkan penjualan di pasar ekspor juga terbuka lebar.

“Kami berharap ekspor Semen Indonesia yang tahun kemarin mencapai 3 juta ton bisa menjadi 4 juta ton sampai 5 juta ton di tahun ini,” kata Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan SMGR ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) berlangsung, Senin (11/2).

Selama ini sebelum mengakuisisi , eksporSemen Indonesia  rata-rata sekitar 8% dari total volume penjualan perseroan. Adapun target ekspor ini juga mempertimbangkan permintaan dalam negeri, sebab kata Agung, jika dalam negeri mencukupi maka kelebihan semen tersebutlah yang bakal diekspor.

Hal ini tampaknya untuk menanggulangi penyerapan semen, sebab di tingkat nasional saat ini tengah over supply alias kelebihan pasokan. Mengutip kata Agung dari kapasitas terpasang semen di Indonesia yang berjumlah sekitar 110 juta ton, dengan kapasitas yang rata-rata full masih ada sekitar 30% volume semen yang over supply.

Adapun terkait proyeksi bisnis Holcim Indonesia kedepannya, Agung yang juga baru diangkat sebagai Direktur PT Solusi Bangun Indonesia Tbk tak mau berspekulasi lebih jauh. Yang jelas proyeksi industri semen nasional masih berkisar antara 4% hingga 5%.

Holcim Indonesia sendiri belakangan tahun ini masih membukukan raport merah di bottomline nya, apakah setelah bergabung dengan Semen Indonesia perseroan dapat beroleh profit? “Kita lihat dululah, kalau mau fair coba lihat di satu tahun ini dulu,” ungkap Agung.

Yang jelas ia dan manajemen tengah membenahi strategi grup menghadapi tantangan di industri yang berupa supply chain dan kaitannya dengan transportasi. Disamping harga bahan baku yang turut mempengaruhi perolehan laba bersih perseroan.

Sumber kontan, edit koranbumn

 

Check Also

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi Dok Perkapalan Surabaya yang ke-109

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi Dok Perkapalan Surabaya yang ke-109 22 September …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *