Home / Berita / Semen Padang Targetkan Zero Accident

Semen Padang Targetkan Zero Accident

PT Semen Padang peringati Bulan K3 Nasional dengan target zero accident tahun ini. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri saat upacara pembukaan Bulan K3 Nasional di plaza kantor pusat PT Semen Padang, Indarung, Senin, 14 Januari 2019.
Hadir dalam kesempatan itu Pimpinan anak perusahaan & Lembaga Penunjang serta Afiliasi, staf pimpinan, karyawan dan karyawati PT Semen Padang  &Semen Padang Grup dan Ibu-ibu penasehat, pengurus & Anggota FKIKSP.
Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri mengatakan target perusahaan di tahun 2019 ini adalah zero accident. “Kita tidak mau ada darah di setiap kantong semen. Tahun 2018 kinerja kita dalam keselamatan kerja bagus maka hal ini harus kita pertahankan lagi,” katanya.
Ia mengatakan keselamatan kerja juga merupakan janji kepada keluarga untuk kembali pulang dalam keadaan selamat. “Saya tekankan kepada karyawan di lingkungan perusahaan untuk penuhi janji dengan keluarga. Kita ambil dari contoh sederhana saja, jika setiap pagi kita membawa anak kita jalan-jalan sebelum berangkat kerja, maka saat kita menjanjikan akan membawanya bermain lagi esok pagi, maka penuhi lah janji itu dengan menjaga keselamatan di tempat kerja,” katanya.
Pada peringatan bulan K3 yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari 2019 ini, ia berpesan agar tetap jaga keselamatan diri. “Jaga keselamatan diri, rekan kerja, masyarakat dan aset perusahaan,” tuturnya.
Ketua Panitia Bulan K3 Nasional Ferry Sarvino mengatakan dalam pelaksanaan Bulan K3 tahun 2019 ini, tema yang diangkat yakni wujudkan kemandirian masyarakat Indonesia Berbudaya K3 untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional.
“Dalam tema yang diusung tahun ini, ada tiga poin penting yang diangkat, yakni masyarakat yang mandiri,berbudaya K3, dan ekonomi nasional. Kegiatan ini mendukung bagaimana aplikasi tema ini berjalan di lingkungan masyarakat, terutama kita terapkan di lingkungan yang lebih kecil, yakni di lingkungan internal perusahaan, termasuk seluruh karyawan, stakeholder, masyarakat atau tamu perusahaan untuk menerapkan budaya K3,” katanya.
Hal ini bertujuan agar kepatuhan K3 ini menghasilkan zero accident di perusahaan. “Sehingga biaya  yang dikeluarkan untuk hal ini bisa dihilangkan dalam rangka mendukung stabilitas ekonomi sehingga main desknya jelas,” tuturnya.
Peringatan Bulan K3 yang dilaksanakan di PT Semen Padang juga dimerriahkan dengan berbagai kegiatan, yakni:
  1. Upacara pembukaan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang pada 14 Januari 2019.
  2. Pemilihan Tim K3LH Teladan yang akan dilaksanakan pada 15 Januari s/d 31 Januari 2019.
  3. Pemilihan tempat kerja teladan berbasis 5P, yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari s/d 31 Januari 2019.
  4. Lomba foto K3 yang akan dilaksanakan pada 15 Januari s/d 31 Januari 2019.
  5. Kegiatan Spirit Millenial (Safety Amazing Race) yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2019 di Wisma Indarung.
  6. Lomba Cerdas Cermat K3 yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang.
  7. Lomba pemadam kebakaran dengan hydrant dan APAR antar Tim PKTD unit kerja pada 30 Januari 2019 di area Fire Ground.
  8. Lomba P3K antar tim PKTD unit kerja pada 30 Januari 2019 di area Fire Ground.
  9. Kegiatan seminar K3 yang akan dilaksanakan pada 6 Februari 2019 di GSG PT Semen Padang.
  10. Lomba PBB antar departemen dan APLP pada 7 Februari 2019 di plaza kantor pusat.
  11. Upacara penutupan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2019.
Ia menambahkan dalam peringatan Bulan K3 Nasional ini juga akan diberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi dalam bidang inovasi perusahaan. “Kita akan berikan penghargaan kepada insan perusahaan yang berperan dalam bidang inovasi. Untuk hal ini ada tujuh kategori dan satu anak usaha, yakni produk bahan baku, teknologi tambang, teknologi kiln packer, teknologi semen, PKM, DKM, 5P, KKM,” jelasnya.
Dalam kegiatan pembukaan Bulan K3 Nasional juga dilakukan defile peralatan standar oleh tim kesiapsiagaan dan Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang (*)

Sumber Semen Padang Edit koranbumn

Check Also

Jasa Marga Kejar Target Pembangunan Ruas Tol Manado – Bitung, Sulawesi Utara.

 PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui entitas anak PT Jasamarga Manado Bitung, tengah mengejar target …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *