Home / Berita / SESKOAL Kagumi Pabrik Peleburan Aluminium INALUM

SESKOAL Kagumi Pabrik Peleburan Aluminium INALUM

Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan kunjungan ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM pada Jumat (20/4). Kunjungan ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Forum Strategi II dan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Dikreg Seskoal ke instansi kepolisian, militer, pemerintahan dan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan wilayah perairan Tanjung Balai Asahan dan sekitarnya.

Rangkaian program yang telah dimulai sejak Senin (16/4) dimulai dengan mengunjungi Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA), Polres Tanjung Balai Asahan, dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Walikota Tanjung Balai sebelum akhirnya mengunjungi INALUM sebagai salah satu BUMN yang berada di wilayah yurisdiksi Lanal TBA. Rombongan yang dipimpin oleh Kol. Marinir Anom diterima oleh Ismadi YS Jenal, Deputy General Manager Umum INALUM yang mewakili manajemen, didampingi oleh beberapa manager terkait. Letkol Yudho Ponco Ari sebagai Danlanal Tanjung Balai Asahan juga hadir dalam kunjungan ini.

Kolonel Marinir Anom selaku Perwira Pendamping Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas penerimaan rombongan Seskoal ke INALUM dan menjelaskan maksud dari kunjungan Seskoal kali ini. “Kegiatan forum strategi II Pasis Dikreg ini bertujuan untuk menempa para pasis sebagai calon pemimpin TNI AL di masa yang akan datang sehingga mampu mengambil keputusan terbaik dengan berbagai permasalahan yang terjadi khususnya dalam konteks pertahanan negara.“ jelas Anom.

Kunjungan diisi dengan pemberian paparan proyek pengembangan oleh Manager Pengembangan Smelter dan Pelabuhan INALUM, Dwi Agus Yuwono dilanjutkan dengan diskusi bersama antara manajemen dan Pasis. Satu hal yang menjadi pokok pembahasan sore itu adalah status INALUM sebagai Objek Vital Milik Negara (Obvitnas) dan standar pengamanan yang ada di INALUM.

Deputy General Manager Umum INALUM Ismadi YS Jenal mengatakan, ”INALUM sesuai dengan Surat Keputusan dari Menteri Perindustrian ditetapkan sebagai obyek vital nasional bidang Industri. Dikarenakan begitu strategisnya INALUM ini maka untuk pengamanannya dari Angkatan Darat sendiri ada beberapa batalyon dan kompi yang ditempatkan di sekitar Perusahaan, seperti Batalyon 126 Kompi A Tanjung Kasau. Sedangkan untuk Angkatan Udara INALUM dibackup oleh Pangkosek Hanudnas III yang setiap tahunnya juga mengadakan latihan gabungan pengamanan dimana INALUM sebagai obyeknya. Dari sisi pengamanan ketertiban masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan INALUM dibantu oleh aparat kepolisian dan bekerjasama dengan Polda Sumatera Utara, serta yang tidak kalah penting adalah pengamanan dari sisi laut khususnya operasional Pelabuhan TUKS INALUM Kuala Tanjung yang bersertifikasi (IMO-ISPS Code) senantiasa didukung oleh Jajaran Lanal TBA,” jelasnya.

Beberapa hal lain yang didiskusikan adalah keberlanjutan INALUM dan peran sertanya dalam menciptakan masyarakat yang mandiri dalam rangka penciptaan kondisi yang kondusif bagi operasional perusahaan. Menanggapi hal ini, Ismadi menjelaskan bahwa laju angka pertumbuhan angkatan kerja baru akan selalu lebih besar dibanding kemampuan perusahaan untuk menyerap tenaga kerja. Oleh karena itu, perusahaan terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk melengkapi diri mereka dengan keahlianyang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan besar dan kecil maupun berwirausaha. “Melalui program pengembangan masyarakat, akan tercipta masyarakat yang lebih mandiri,” sebut Ismadi.

Kegiatan lain yang dilakukan dalam kunjungan ke pabrik peleburan aluminium satu-satunya di Indonesia ini adalah kunjungan ke pabrik peleburan aluminium Kuala Tanjung guna melihat secara langsung proses produksi yang ada. Dalam kunjungan ini Pasis juga diajak melihat produk-produk aluminium yang dihasilkan INALUM seperti Aluminium Ingot, Foundry Alloy, dan Billet.

“INALUM adalah salah satu BUMN yang sangat dibutuhkan kinerjanya oleh bangsa Indonesia terutama dibidang perindustrian, dan sebaiknya jika bisa sebagian hasil produksinya digunakan dalam bidang pertahanan.” Ujar Kolonel Mariner Anom pada kunjungannya ke pabrik peleburan aluminium milik INALUM.

Selain berkunjung ke INALUM, Pasis Dikreg Seskoal juga akan melakukan kunjungan ke instansi dan perusahaan yang terkait dengan wilayah perairan Tanjung Balai Asahan selama berada di Sumatera Utara.

Sumber Situs Web INALUM

Check Also

59 Kapal Siap Layani Penyeberangan Merak-Bakauheni Masa Nataru

Kementerian Perhubungan pastikan ada 59 kapal yang siap beroperasi di lintas penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *