Home / Berita / Sinergi Antar Lembaga Wilayah Balikpapan Bersama Pertamina Group Kalimantan Selenggarakan Simulasi Bencana

Sinergi Antar Lembaga Wilayah Balikpapan Bersama Pertamina Group Kalimantan Selenggarakan Simulasi Bencana

Dalam rangka HUT ke-62 tahun Provinsi Kalimantan Timur yang bertepatan dengan bulan K3, Pemerintah Kota Balikpapan, Basarnas, lembaga masyarakat, akademisi, dan Pertamina Group Kalimantan yang dipimpin Refinery Unit (RU) V mengadakan simulasi bencana, Jumat pagi (11/1/2019).

Simulasi ini merupakan rangkaian acara Pemkot sebagai antisipasi perusahaan atau lembaga dalam bahu membahu terutama dalam penanganan pengungsi dari Palu dan sekitarnya.

“Sinergi antar lembaga di Balikpapan sangat luar biasa karena membantu para saudara kita yang mengalami bencana di Sulawesi Tengah. Itu menjadi viral di medsos. Saya kira ini pengalaman baik buat kita walaupun Kaltim dan Balikpapan tidak masuk dalam peta tsunami dan gempa. Kita harus tetap waspada untuk membantu saudara sebangsa yang tertimpa musibah,” tutur Wali kota Rizal Effendi usai memimpin upacara peringatan HUT Provinsi Kaltim.

Di samping itu, BPBD bersama sejumlah relawan bencana dan perusahaan seperti Pertamina Hulu Mahakam dan mahasiswa menggelar simulasi latihan bencana gempa dan tsunami. Diskenariokan, terjadi gempa dan tsunami dengan beberapa korban termasuk korban yang terjebak dalam rumah di Pesisir kota Balikpapan. “Ini untuk mengedukasi kesiapan masyarakat kita dalam penanganan bencana,” ujar Rizal.

Masih terkait simulasi bencana, Ketua Panitia bulan K3 Pertamina Oki Wibisono mengatakan simulasi bencana penting dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memahami cara penanganan korban bencana sehingga tidak panik menghadapi situasi di kala musibah datang dan pasca musibah.

Dalam simulasi bencana ini, mereka yang terlibat adalah BPBD, SAR, kampus Uniba kejuruan K3 dan beberapa tim Rescue perusahaan.

“Ada 80 orang yang terlibat dalam tim untuk bisa sinergi dalam simulasi ini,” kata Oki didampingi Manager Comm. & CSR Kalimantan Yudi Nugraha.

Pada kesempatan yang sama Pemerintah Kota Balikpapan juga menyerahkan belasan piagam penghargaan kepada perusahaan dan lembaga masyarakat, dan akademisi yang ikut andil dalam misi kemanusian Tsunami Palu dan Donggala lalu.

RU V dan MOR VI serta Pertamina Group Kalimantan pada kesempatan tersebut mendapat penghargaan Emergency Response Team (ERT). Penyerahan dilakukan di halaman Pemerintah Kota Balikpapan.

Sumber PERTAMINA

Check Also

Pelindo Sambut Hangat Tamu Negara Peserta ASEAN Port Association Meet 2019 di Yogyakarta ⁣

Total seribu atlet dan kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN Ports …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *