Home / Berita / Sinopsi Buku Tiga Menakbir Mimpi

Sinopsi Buku Tiga Menakbir Mimpi

Sinopsis Tiga Menakbir Mimpi karya Zetesa.

Sastra merupakan refleksi dari kehidupan nyata. Refleksi ini terjadi berkat tiruan dan gabungan imajinasi pengarang terhadap realitas kehidupan atau realitas alam. Sebab itu, sastra tak bisa dikatakan sebagai seni berbohong yang indah seperti yang diyakini oleh Hamsad Rangkuti.

Karena meskipun peristiwa di dalam karya sastra merupakan hasil rekaan pengarangnya, bukan tak mungkin peristiwa itu pernah dialami oleh orang lain dalam kehidupan nyata. Lalu, bagaimanakah jika sebuah karya ditulis berdasarkan fakta atau kisah nyata? Apakah karya itu masih disebut sebagai sastra? Tentu saja. Sebab, fakta di dalam karya sastra tetap diperlakukan sebagai fiksi, meski peristiwa yang kait-mengait dalam karya itu nyata, benar-benar dialami oleh tokoh-tokohnya. Karya-karya semacam itu sering juga disebut sebagai sastra biografi.

Tiga Menakbir Mimpi ditulis oleh Zetesa (Zulfa Basir, Sutan Iwan Munaf, dan Adi Hidayat) merupakan karya sastra yang berdaasarkan kisah nyata seorang tokoh bernama Sabeni. Ia berasal dari Mersam, sebiah desa kecil, terletak kira-kira 200 km dari ibukota provinsi Jambi, persis di pinggir Sungai Batanghari. Sabeni berjuang keras menghadapi berbagai tantangan di masa sulit agar tetap bersekolah. Cita-citanya yang tinggi dan kemauannya yang keras mendorong dia untuk menyiasati tantangan tersebut.

Bagi anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum buku ini dapat dijadikan referensi butir-butir kepribadian handal. Karenanya buku ini layak dibaca oleh kita semua.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

LMAN Bayar Dana Pembebasan Lahan Tol Semarang – Demak Sebesar Rp66 Miliar

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melakukan pembayaran sebesar Rp66 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *